Rambah e-Sports, IMI akan Gelar Kejurnas E-Motorsport

M. Reza Sulaiman | Arief Apriadi
Rambah e-Sports, IMI akan Gelar Kejurnas E-Motorsport
Suasana pameran SIM Racing E-Motorsport di Mangga Dua Mall, Jakarta, Sabtu (23/3/2019). (Suara.com/Arief Apriadi)

Siap-siap, IMI akan gelar kejurnas olahraga elektronik usai Pemilu.

Suara.com - Rambah e-Sports, IMI akan Gelar Kejurnas E-Motorsport

Ikatan Motor Indonesia (IMI) tak mau ketinggalan dengan tren e-Sports atau olahraga elektronik yang tengah menjamur di kalangan masyarakat Indonesia.

Menggandeng komunitas SIM Racing Indonesia, IMI akan menggelar kompetisi balap mobil berbasis game dengan nama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) E-Motorsport.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi E-Motorsport IMI, Indra Feryanto saat menghadiri pameran SIM Racing E-Motorsport di Mangga Dua Mall, Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

"Ya kita sudah adopsi e-motorsport masuk cabang olahraga di IMI. Salah satu cara agar masyarakat tahu akan hal itu ya kita buat kejurnas," ujar Indra Feryanto.

Kejurnas E-Motorsport sendiri kata Indra akan mulai digeber setelah Pemilihan Umum (Pemilu) selesai dilaksanakan. Meski waktunya belum ditetapkan, perkiraan kejurnas akan berlangsung sekitaran Juni-Juli 2019.

"Kita masih menggodok regulasinya. Dalam waktu dekat akan bergulir. Kira-kira habis Pemilu selesai akan dilaksanakan," kata Indra.

Ketua Komisi E-Motorsport IMI, Indra Feryanto saat menghadiri pameran SIM Racing E-Motorsport di Mangga Dua Mall, Jakarta, Sabtu (23/3/2019). (Suara.com/Arief Apriadi)
Ketua Komisi E-Motorsport IMI, Indra Feryanto saat menghadiri pameran SIM Racing E-Motorsport di Mangga Dua Mall, Jakarta, Sabtu (23/3/2019). (Suara.com/Arief Apriadi)

Indra menjelaskan jika IMI akan bekerjasama dengan salah satu promotor nasional dalam menyelenggarakan kejurnas E-Motorsport pertama di Indonesia ini. Terkait sistem dan peraturan permainannya, IMI disebutnya menyerahkan tanggung jawab kepada pihak promotor.

"Kejurnas ini ada hubungannya sama promotor nasional. Sistemnya nanti bagaimana kita belum tahu, karena kita hanya menentukan regulasinya," kata Indra.

"Nanti bagaimana cara mereka mengumpulkan para pebalap e-motorsport itu tergantung mereka. Sampai saat ini promotornya masih kita rahasiakan," tukasnya.

Kejurnas E-Motorsport sendiri hanya akan mempertandingkan game balap mobil on road atau lintasan aspal. Untuk balapan rally, IMI mengatakan belum mendapat software yang tepat.

Untuk tahap pengenalan awal ini, Kejurnas E-Motorsport nantinya akan menggunakan dua medium berbeda yakni konsol (PlayStation), dan PC. Software yang akan digunakan adalah RFactor 2 dan Assetto Corsa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS