Hampir 30 Tahun Puasa Gelar, Juara Sudirman Cup 2019 Jadi Target Indonesia

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Hampir 30 Tahun Puasa Gelar, Juara Sudirman Cup 2019 Jadi Target Indonesia
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti. [Humas PBSI]

Terakhir kali Indonesia jadi kampiun di Sudirman Cup adalah 29 tahun silam!

Suara.com - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mencanangkan target tinggi di turnamen Sudirman Cup 2019. Skuat Merah-Putih ternyata diharapkan bisa meraih gelar juara pada turnamen beregu campuran paling bergengsi di dunia tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia sudah sangat lama puasa gelar Sudirman Cup. Kali terakhir skuat Merah-Putih merengkuh trofi turnamen yang dinamai berdasarkan legenda bulutangkis nasional dan pencetus PBSI, Dick Sudriman itu adalah pada edisi perdana, yakni pada 1989 silam.

Sejak saat itu, publik Tanah Air telah menahan dahaga gelar selama 29 tahun. Bukan waktu yang singkat tentunya untuk sebuah negara dengan kultur bulutangkis hebat seperti Indonesia.

Hal itu disadari betul Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti. Peraih medali emas Olimpiade 1992 itu mengatakan jika Indonesia harus segera mengakhiri dahaga gelar dengan merengkuh trofi juara Sudirman Cup 2019.

"Saya sudah meeting dengan pelatih, kami mau siapkan sebaik-baiknya dan tentunya mau membawa pemain-pemain terbaik. Indonesia ada di urutan tiga atau empat di daftar unggulan, kalau dibilang peluang, ya ada kansnya untuk juara," ujar Susy Susanti dalam rilis yang diterima Suara.com, Kamis (4/4/2019).

"Mudah-mudahan ya, sudah lama sekali kan, Piala Sudirman-nya jalan-jalan ke negara lain. Maunya sih kali ini bisa (juara)," sambung Istri legenda bulutangkis Alan Budikusuma itu.

Indonesia hanya menempat slot unggulan ketiga atau keempat di Sudirman Cup 2019. Meski begitu, Susy tetap optimis jika peluang meraih gelar juara tetap terbuka. Di turnamen beregu, pembawa obor Asian Games 2018 itu menilai semua hal masih bisa terjadi.

"Kekuatan negara peserta sekarang merata, tapi kita tidak boleh pesimis. Kalau di kejuaraan beregu, tidak ada yang tidak mungkin. Banyak kejutan, pertandingan beregu beda dengan perorangan," terangnya.

Susunan pemain tim inti Indonesia di Piala Sudirman 2019 akan diumumkan pada 3 Mei 2019. Hal itu sesuai dengan batas akhir online entry deadline dari pihak Badmonton World Federation (BWF). Tiap negara diperbolehkan untuk mengirim total 20 pemain.

Sudirman Cup 2019 sendiri bakal berlangsung di Nanning, China. Turnamen dengan level Grade 1 Team Event tersebut bakal bergulir pada 19-26 Mei mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS