Ganda Putra Indonesia Saling Sikut ke Olimpiade, Fajar / Rian Siap Bersaing

Reky Kalumata | Arief Apriadi
Ganda Putra Indonesia Saling Sikut ke Olimpiade, Fajar / Rian Siap Bersaing
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Dok. PBSI)

Dua tempat diperebutkan ke Olimpiade diperebutkan oleh tiga pasangan Indonesia

Suara.com - Persaingan sektor ganda putra Indonesia menuju Olimpiade 2020 Tokyo kian memanas. Tiga pasangan yang kini menempati peringkat lima besar dunia saling 'sikut' untuk mengamankan dua tempat ke pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Dari lima pasang ganda putra Indonesia yang malang melintang di turnamen level atas, tiga diantarnya yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, punya penampilan yang terbilang oke.

Kevin / Marcus kini berada di peringkat pertama, Hendra / Ahsan di peringkat keempat, serta Fajar / Rian belum lama ini menyodok ke peringkat kelima, menggeser posisi wakil China, Han Chengkai / Zhou Haodong.

Tampil apiknya ketiga pasangan ganda putra itu memang jadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Namun, bagi mereka secara pribadi, hal itu membuat persaingan menuju Olimpiade semakin memanas.

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. [Dok. PBSI]
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. [Dok. PBSI]

Pasalnya, setiap negara hanya bisa maksimal mengirim dua wakil di setiap sektor ke Olimpiade 2020 Tokyo. Artinya, jika ketiga pasang ganda putra Indonesia itu tampil konsisten hingga periode kualifikasi berakhir, satu diantaranya harus rela menyaksikan Olimpiade 2020 dari layar kaca alias tersingkir.

Menanggapi situasi itu, Muhammad Rian Ardianto mengaku tak gentar. Menurutnya, hal terpenting saat ini adalah fokus pada penampilan sendiri dan berusaha untuk terus menjadi lebih baik.

"Ya yang penting kami siapkan dari diri sendiri. Semua pasti ingin main di Olimpiade," kata Muhammad Rian Ardianto saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Menurut partner dari Fajar Alfian itu, persaingan ketat di sektor ganda putra Indonesia justru menjadi motivasi untuk terus meningkatkan penampilan. Jika memang ada kesempatan, ia dan Fajar siap membawa nama Indonesia ke Olimpiade 2020 nanti.

"Ya jangan terlalu berpikir jauh ke depan. Pokoknya lewati saja dan step by step saja. Kalau (memang) ada kesempatan (lolos Olimpiade 2020), ya gunakan semaksimal mungkin," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, syarat sebuah negara bisa mengirimkan maksimal dua wakil pada sektor ganda ke Olimpiade 2020 adalah jika dua pasangan milik negara tersebut mampu bertengger di peringkat delapan besar selama periode kualifikasi bergulir.

Periode kualifikasi cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade 2020 sendiri akan berlangsung pada 29 April 2019 hingga 26 April 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS