Debut Usai Operasi, Perasaan Ratu BMX Indonesia Campur Aduk

Rizki Nurmansyah
Debut Usai Operasi, Perasaan Ratu BMX Indonesia Campur Aduk
Pebalap sepeda BMX putri Indonesia, Elga Kharisma. [Instagram@elga_kharisma]

Atlet balap sepeda dan BMX andalan Indonesia, Elga Kharisma, absen cukup lama pasca operasi pinggang Oktober 2018.

Suara.com - Atlet balap sepeda putri andalan Indonesia, Elga Kharisma Novanda akan mengikuti kejuaraan Taiwan Cup Track International Clasic I & II pada 18-20 Mei 2019 mendatang.

Kejuaraan itu akan menjadi debut Elga Kharisma di kompetisi balap sepeda track level internasional, setelah sebelumnya absen cukup lama pasca menjalani operasi pinggang akhir Oktober 2018 lalu.

Elga Kharisma mengalami cedera pinggang sejak Februari 2018. Akibat cedera tersebut, atlet kelahiran Malang, Jawa Timur itu harus rela absen di nomor BMX putri Asian Games 2018.

Elga mengaku senang bisa terbebas dari bekapan cedera. Namun, ia tak menampik absen lama dari dunia balap sepeda membuatnya sedikit gugup menatap kompetisi di Taiwan nanti.

"Yang pasti mungkin canggung ya, sudah lama sekali hampir satu tahun (absen). Walaupun saya kemarin sempat ikut balapan BMX di Bandung, untuk internasionalnya memang baru ini," ujar Elga Kharisma saat dihubungi Suara.com, Kamis (16/5/2019).

Meski mengaku cukup gugup untuk kembali memulai balapan pasca operasi, Elga enggan merasa inferior.

Perempuan kelahiran 14 November 1993 itu menyebut telah mempersiapkan diri dan berlatih keras selama hampir tiga bulan di Jakarta International Velodrome (JIV), Rawamangun.

"Jadi mungkin gugup iya, tapi saya sudah mempersiapkan semuanya, baik secara mental maupun fisik," tutur atlet berjuluk Ratu BMX Indonesia itu.

Di Taiwan Cup Track International Clasic I & II 2019, Elga Kharisma Indonesia direncanakan turun pada dua nomor yakni keirin dan tim sprint. Ia pun mengusung raihan medali pada dua nomor tersebut.

Selain Elga, PB ISSI juga mengirim dua atlet putri lainnya ke Taiwan Cup Track International Clasic I & II 2019, yakni Crismonita Dwi Putri dan Ayustina Delia Priatna.

Ini akan menjadi ajang reuni Elga dan Crismonita di nomor tim sprint. Tahun lalu, Elga dan Crismonita sukses menyabet dua medali di ajang ACC Track Asia Cup 2018 di Thailand dan India.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS