Ini Alasan Brandon Jawato Tak Ikut Timnas ke Serbia

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Ini Alasan Brandon Jawato Tak Ikut Timnas ke Serbia
Dua pebasket asing, Brandon Jawato (kiri) dan Denzel Bowles, turut mengikuti sesi latihan Timnas basket Indonesia jelang Hualien Kwen Fu International di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (17/92/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Dalam uji coba dan training camp di Serbia, Timnas Indonesia membawa 14 pemain lokal.

Suara.com - Brandon Jawato dipastikan tak masuk skuat Timnas Basket Indonesia yang akan melakukan uji coba dan training camp di Serbia, 25 Oktober-17 November 2019.

Pelatih Rajko Toroman mengungkapkan bahwa calon pemain naturalisasi itu tengah mengalami beberapa kendala, baik personal maupun administratif.

Dalam latihan pagi di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019), pebasket berdarah Bali-Amerika Serikat itu juga tak terlihat.

"Brandon Jawato memiliki beberapa masalah personal di Bali. Kakeknya diketahui meninggal dunia. Selain itu, situasi pembuatan paspornya juga belum selesai," ujar Toroman di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Absennya Jawato ke Serbia memperkuat spekulasi bahwa pebasket 26 tahun itu tak akan memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2019.

Pelatih anyar Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman menjalani latihan perdana di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Pelatih Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman menjalani latihan perdana di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Pasalnya, Toroman secara tersirat menyebut para pemain yang ikut ke Serbia memiliki kesempatan lebih besar dalam membela skuat Garuda di multievent Asia Tenggara itu.

Sebelumnya, Brandon Jawato juga dikabarkan tengah menjalin kontrak dengan klub basket lain.

Kondisi itu membuat komitmen Brandon dalam membela Timnas Indonesia di SEA Games 2019 diragukan.

"Jadi kita llihat nanti apakah dia bisa masuk skuat Timnas di SEA Games 2019 atau tidak," tutur Toroman.

Dihubungi terpisah, Manajer Timnas Indonesia, Maulana Fareza Tamrella menyebut proses naturalisasi Brandon Jawato masih terus berjalan.

Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, ditemui di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Manajer Timnas Basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, ditemui di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Namun, ia tak bisa menjamin apakah seluruh proses administrasi pergantian kewarganegaraan Jawato menjadi WNI bisa selesai tepat waktu.

"Proses paspornya belum ada kejelasan. Jadi kita belum menemui titik temu. Soal naturalisasi saya tidak tahu banyak soal bagaimana prosedur pemerintah," ujarnya.

"Jadi peluang Brandon untuk main di SEA Games 2019 itu kecil, meski masih ada peluang," pungkas Fareza.

Dalam uji coba dan training camp di Serbia, Timnas Indonesia membawa 14 pemain lokal. Nantinya mereka akan menghadapi delapan klub Divisi I dan satu klub dari Divisi II Liga Serbia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS