alexametrics

Pelayanan SEA Games 2019 Buruk, Filipina Minta Maaf

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Pelayanan SEA Games 2019 Buruk, Filipina Minta Maaf
Suasana pelepasan skuat Timnas Indonesia U-23 ke ajang SEA Games 2019 di Filipina [Dok. PSSI].

Beberapa kontingen Asia Tenggara dapatkan layanan kurang elok, Filipina minta maaf soal SEA Games 2019.

Suara.com - Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 (PHISGOC) meminta maaf setelah dinilai memberi pelayanan buruk bagi beberapa negara yang telah datang terlebih dahulu.

Upacara pembukaan SEA Games 2019 baru akan berlangsung 30 November mendatang. Namun, tim sepakbola dan beberapa cabang olah raga atau cabor dari kontingen negara peserta sudah lebih dahulu datang ke Filipina karena jadwal yang memang lebih cepat dari pembukaan.

Logo SEA Games 2019 Filipina. [Facebook/phlseagames]
Logo SEA Games 2019 Filipina. [Facebook/phlseagames]

Namun, negara-negara peserta yang lebih dulu sampai Filipina, seperti Kamboja, Timor Leste, Thailand, dan Indonesia, tak mendapat sambutan yang memuaskan.

Mulai dari terlambatnya shuttle jemputan dari Bandar Udara Ninoy Aquino International Airport (NAIA), barang bawaan seperti koper yang terlambat datang ke Wisma Atlet, hingga pelayanan hotel yang buruk menjadi isu berantakannya persiapan SEA Games 2019.

Baca Juga: Peruntukan Jalur Sepeda, Dinas Perhubungan Jaktim Katakan Begini

"Setiap negara pantas mendapatkan rasa hormat," keluh pelatih Timnas sepakbola Timor Leste, Fabiano Flora, yang mendapati pasukannya diarahkan panitia ke hotel yang salah.

"Tapi yang terjadi kemarin sungguh tidak elok," sambungnya, seperti dikutip Channel News Asia, Senin (25/11/2019).

Berbagai protes ini membuat PHISGOC akhirnya meminta maaf secara terbuka. Dalam pernyataan resminya, mereka berjanji bakal memberikan pelayanan yang lebih baik.

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada para tamu atlet atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," tulis pernyataan resmi PHISGOC.

"Kami berjanji akan memberi pelayanan yang lebih baik."

Baca Juga: Sirkuit Sentul Jadi Nostalgia Mick Doohan Tentang Indonesia

SEA Games 2019 bakal berlangsung di empat kluster, yaitu Metro Manila, Clark, Subic, dan arena lain (Batangas, La Union, dan Tagaytay) mulai 30 November hingga 11 Desember 2019.

Komentar