alexametrics

MotoGP Teruel: Bakal Hadir Juara Baru Lagi ?

Reky Kalumata
MotoGP Teruel: Bakal Hadir Juara Baru Lagi ?
Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo (kanan) melaju saat balapan MotoGP Aragon 2020. JOSE JORDAN / AFP

Sudah delapan pembalap berbeda yang naik podium di MotoGP 2020

Suara.com - Telah delapan pembalap berbeda yang naik podium teratas setelah sepuluh Grand Prix MotoGP digelar musim ini usai Alex Rins menjuarai MotoGP Aragon akhir pekan lalu.

Rekor itu menjadi catatan kedua paling banyak dalam satu musim dalam kelas premier setelah pada 2016 terdapat sembilan pemenang berbeda.

Andrea Dovizioso termasuk salah satu dalam daftar pemenang Grand Prix tahun itu, bersama sejumlah pebalap yang saat ini di grid seperti Valentino Rossi, Jack Miller, dan Cal Crutchlow, yang ketiganya belum pernah mengecap manisnya naik mimbar teratas.

Rider Suzuki Ecstar, Alex Rins usai menjuarai MotoGP Aragon 2020 yang dihelat di Sirkuit MotorLand Aragon, Alcaniz, Spanyol, Minggu (18/10/2020) malam WIB. [JOSE JORDAN / AFP]
Rider Suzuki Ecstar, Alex Rins usai menjuarai MotoGP Aragon 2020 yang dihelat di Sirkuit MotorLand Aragon, Alcaniz, Spanyol, Minggu (18/10/2020) malam WIB. [JOSE JORDAN / AFP]

Rins memiliki komposisi seorang pebalap juara namun cedera bahu yang dia dapati pada seri pembuka di Jerez membuat pebalap Spanyol itu di bawah radar sebelum kembali naik podium di Le Mans dan meraih kemenangan MotoGP ketiganya di Aragon.

Baca Juga: Tergusur dari Klasemen Sementara MotoGP, Fabio Quartararo Beri Jawaban Ini

Empat balapan yang tersisa di musim yang paling tidak bisa diprediksi ini bisa memunculkan kejutan baru, dan semua mata tertuju kepada rekan satu tim Rins, Joan Mir, sebagai pemenang potensial berikutnya.

Pebalap kelahiran Mallorca itu kini membawa Suzuki ke puncak klasemen pebalap berkat penampilan konsistennya dengan lima kali naik podium di tujuh balapan terakhir, meski dia belum pernah menjadi yang pertama melintasi garis finis.

Sejarah mencatat kelas premier belum pernah menghasilkan juara dunia yang tidak pernah memenangi balapan. Namun karena konsistensinya, Mir tinggal menunggu kesempatan menjadi pemenang kesembilan musim ini saat Aragon menjadi tuan rumah balapan kedua beruntun akhir pekan nanti dengan tajuk Grand Prix Teruel.

"Saya tidak akan mengubah cara pendekatan di balapan, tentunya seperti ini. Saya akan terus bekerja dari satu balapan ke balapan lainnya, mencoba meraih sebanyak mungkin poin, mencoba meraih kemenangan di setiap GP," kata Mir yang selalu menyimpan senjatanya di awal untuk menyerang jelang akhir lomba.

"Kemudian di balapan terakhir kami akan lihat di kejuaraan dan lihat di mana kami berada," kata Mir setelah finis ketiga di Aragon seperti dilansir laman resmi MotoGP seperti dimuat Antara.

Baca Juga: Performanya Melonjak Drastis, Alex Marquez Incar Kemenangan di GP Teruel

Sementara itu, gagal finis di zona poin setelah mengalami masalah tekanan udara ban depan pekan lalu, Quartararo akan berupaya mengklaim kembali pucuk pimpinan akhir pekan ini.

Komentar