alexametrics

Juarai MotoGP Portugal, Miguel Oliveira Sangat Senang Impiannya Terwujud

Reky Kalumata
Juarai MotoGP Portugal, Miguel Oliveira Sangat Senang Impiannya Terwujud
Rider Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira merayakan suksesnya di podium usai menjadi juara MotoGP Portugal di Algarve International Circuit. PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP

Oliveira mewujudkan mimpinya menjadi juara di kampung halamannya

Suara.com - Pebalap tuan rumah Miguel Oliveira mewujudkan mimpinya menjadi juara di kampung halamannya setelah tampil dominan di MotoGP Portugal pada Minggu (22/11/2020) yang sekaligus mengakhiri musim balapan MotoGP 2020.

Pebalap tim KTM Tech3 itu tampil dominan sejak start dari pole position dan finis dengan margin 3,1 detik di depan Jack Miller dari tim Pramac Racing di trek Sirkuit Algarve di Portimao yang menjalani debut tuan rumah MotoGP.

Portugal terakhir kali menggelar Grand Prix pada 2012 di Sirkuit Estoril dan Oliveira menjadi satu-satunya pebalap Portugal di grid MotoGP tahun ini.

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira melakukan selebrasi usai menjuarai MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu (22/11/2020) malam WIB. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]
Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira melakukan selebrasi usai menjuarai MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao, Minggu (22/11/2020) malam WIB. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Kemenangan itu menjadi yang kedua kali musim ini bagi pebalap berusia 25 tahun yang bakal hijrah ke tim KTM Factory Racing menjadi tandem Brad Binder tahun depan itu.

Baca Juga: Perpisahan Dovi-Ducati yang Sarat Emosi

Oliveira telah membuktikan dirinya mampu mencuri tempat teratas setelah manuver cerdasnya di tikungan terakhir Red Bull Ring, Austria, membawanya menjuarai Grand Prix Styria pada Agustus.

"Ini tidak bisa dipercaya. Kalian memimpikan balapan seperti ini dan pada akhirnya bisa melakukannya adalah sesuatu yang luar biasa. Saya tak bisa menggambarkannya dengan kata-kata," kata Oliveira setelah lomba seperti dikutip Antara dari laman resmi MotoGP.

"Terima kasih kepada setiap orang yang menonton di rumah, yang tidak bisa datang ke sini hari ini. Kepada tim saya, sekaligus ini juga menjadi perpisahan dengan Tech3.

"Ini hari yang luar biasa saya bisa mempersembahkan kemenangan lagi untuk Tech3 dan KTM, suatu capaian yang sangat besar bagi diri pribadi saya.

Hari itu juga terasa spesial bagi Oliveira karena kali ini keluarganya, yang tidak bisa hadir di Austria, datang ke Portimao dan menyaksikan langsung kemenangannya.

Baca Juga: Miguel Oliveira Juara Seri Pamungkas MotoGP 2020, Ducati Juara Konstruktor

Miller pun dibuat takjub dengan kecepatan Oliveira hari itu dan menyebut sang pebalap, "berada di level yang lain."

Komentar