alexametrics

Kualifikasi Piala FIBA Asia: Indonesia Pecundangi Thailand 90-76

Syaiful Rachman
Kualifikasi Piala FIBA Asia: Indonesia Pecundangi Thailand 90-76
Pebasket naturalisasi tim nasional Indonesia Lester Prosper (kiri) melakukan selebrasi bersama Brandon Jawato setelah mencetak angka dalam lanjutan Kualifikasi Piala FIBA Asia 2021 Grup A melawan Thailand di Khalifa Sports City, Bahrain, Sabtu (28/11/2020). (HO/FIBA)

Indonesia saat ini menempati posisi tiga Grup A.

Suara.com - Tim nasional bola basket Indonesia menundukkan Thailand 90-76 untuk meraih kemenangan perdana dalam kualifikasi Piala FIBA Asia 2021 Grup A di Khalifa Sport City, Bahrain, Sabtu (29/11/2020).

Kebangkitan yang diperlihatkan di paruh kedua pertandingan menyokong kemenangan tim besutan Rajko Toroman tersebut, yang sempat tampak gagap menghadapi Thailand di menit-menit awal.

Brandon Jawato dan Lester Prosper, yang awal bulan ini menerima paspor kewarganegaraan Indonesia, memberikan kontribusi instan bagi pasukan Merah Putih di laga kali ini.

Brandon mengemas 22 poin dan mengamankan delapan rebound, sedangkan Prosper membukukan catatan dwiganda lewat 19 poin dan 13 rebound.

Baca Juga: Resmi! Ini Skuat Timnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Sedangkan Abraham Damar Grahita membuktikan gelarnya sebagai Pemain Terbaik Liga Bola Basket Indonesia (MVP IBL) 2020 bukan status remeh temeh dengan kontribusi 22 poin bagi Indonesia, diikuti Andakara Prastawa Dhyaksa yang mencetak 15 poin.

Sebaliknya bagi Thailand, pasokan angka mereka seolah hanya datang dari satu nama saja, yakni Nattakarn Muangboon yang tampil 40 menit penuh dan memborong 32 poin.

Sayang bantuan bagi Muangboon hanya datang dari Chanatip Jakrawan yang mencetak 15 poin.

Dengan kemenangan itu, Indonesia untuk sementara naik ke peringkat ketiga klasemen Grup A dengan koleksi empat poin di bawah Filipina (4) dan Korea Selatan (4) yang memutuskan tak ikut dalam windows kedua kualifikasi Piala FIBA Asia kali ini karena situasi pandemi COVID-19.

Bersabar

Baca Juga: Persiapan Piala Dunia, Timnas Basket Indonesia Kembali Tampil di IBL

Setelah sembilan bulan lamanya tak tampil di kompetisi resmi --kecuali menghabiskan jam terbang di IBL-- timnas Indonesia tampak memasuki pertandingan dalam keadaan berkarat dan sempat 18-20 di kuarter pertama.

Komentar