alexametrics

Timnas Basket Indonesia Latihan Malam Hari Selama Ramadhan

Rully Fauzi
Timnas Basket Indonesia Latihan Malam Hari Selama Ramadhan
Asisten pelatih Timnas Basket Indonesia, Wahyu Widayat Jati. (Suara.com/Arief Apriadi)

Timnas Basket Indonesia masih mempunyai satu jendela Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Suara.com - Lima pemain Indonesia Patriots yang dipanggil mengikuti training camp (TC) Timnas Basket Indonesia tetap menjalani latihan selama Ramadhan, namun tim pelatih menyiasatinya dengan mengubah jadwal latihan menjadi malam hari saja.

Asisten pelatih Timnas Basket Indonesia, Wahyu Wijayat Jati mengatakan latihan selama bulan Ramadhan ini dilakukan setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 20.00 WIB di GBK Arena Senayan, Jakarta.

"Selama latihan, kami cuma conditioning kemudian melakukan skill development dan review play juga shooting," ungkap legenda basket Tanah Air itu dalam rilis PP Perbasi yang dimuat Antara, Kamis.

Menu latihan itu diberikan agar para pemain tidak kesulitan saat menerima materi dari pelatih kepala Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman yang akan segera bergabung di Jakarta pada Juni mendatang.

Baca Juga: Absen di Derby LA, LeBron James Diharapkan Bisa Comeback untuk Play-off

TC Timnas Basket Indonesia sendiri telah berlangsung sejak 3 Mei. Ada lima pemain muda yang dipanggil dalam TC tahap awal, yakni Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne dan Serigne Modou Kane, yang semuanya merupakan bagian skuad Indonesia Patriots pada fase pertama Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021. 

Mereka nanti akan bergabung dengan para pemain senior yang baru bakal bergabung latihan pada Juni mendatang setelah kompetisi IBL selesai.

Wahyu menjelaskan meski latihan sudah berlangsung selama tiga hari, tim pelatih belum bisa mengukur progres kondisi fisik para pemain karena sedang berpuasa.

“Karena puasa, pasti turun kemampuan fisik mereka. Saya tidak bisa bilang saat ini fisik pemain sudah berapa persen karena belum dilakukan tes," ucap Wahyu.

“Kami hanya persiapkan pemain untuk TC di bawah arahan Coach Toroman. Kalau dari sisi saya, mungkin head coach mempersiapkan pemain pelapis untuk timnas senior yang mumpuni. Dan dia melihat, ada di kelima pemain itu," tukasnya.

Baca Juga: Penggawa Timnas Basket Indonesia Jadi Vegetarian demi Turunkan Berat Badan

Latihan Timnas Basket Indonesia sendiri akan disetop sementara pada 7 Mei untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, dan dilanjutkan usai libur Lebaran.

Timnas masih mempunyai satu jendela Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang dijadwalkan di Clark City, Filipina pada Juni sebelum tampil pada ajang FIBA Asia Cup 2021 di Istora Senayan Jakarta, 17-27 Agustus mendatang.

Komentar