alexametrics

Silvano Galbusera, Eks Kepala Kru Valentino Rossi Tangani Maverick Vinales

Syaiful Rachman
Silvano Galbusera, Eks Kepala Kru Valentino Rossi Tangani Maverick Vinales
Rider Monster Energy Yamaha Maverick Vinales. Jean-Francois MONIER / AFP

Esteban Garcia Amoedo dan tim Monster Energy Yamaha MotoGP akhiri kerja sama.

Suara.com - Yamaha pada Kamis (3/6/2021) mengonfirmasi Silvano Galbusera, mantan kepala kru Valentino Rossi, akan menangani Maverick Vinales menggantikan Esteban Garcia Amoedo yang telah mengakhiri kemitraan dengan tim MotoGP tersebut.

"Menyusul GP Italia, Esteban Garcia Amoedo dan tim Monster Energy Yamaha MotoGP telah saling sepakat mengakhiri hubungan kerja," demikian pernyataan resmi tim seperti dimuat Antara.

"Silvano Galbusera akan mengambil alih peran dari Crew Chief untuk Maverick Vinales untuk sisa musim MotoGP 2021."

Esteban telah bekerja sama dengan Vinales pada 2013 dan membuahkan titel Moto3 untuk sang pebalap Spanyol pada tahun tersebut.

Baca Juga: Mantap! Pramac Racing Pastikan Johann Zarco dan Jorge Martin Jadi Pembalap di MotoGP 2022

Garcia kemudian bergabung dengan Yamaha pada 2019 dan membantu Vinales mengemas 11 podium, empat kemenangan, tiga peringkat dua, dan empat kali peringkat tiga.

"Mengucapkan 'selamat tinggal' kepada salah satu anggota kru kami selalu menjadi momen menyedihkan, tetapi ini adalah kesepakatan bersama berdasarkan apa yang terbaik untuk kedua pihak. Kami doakan Esteban meraih yang terbaik di masa depan," kata direktur tim Monster Energy Yamaha Massimo Meregalli.

Setelah meraih kemenangan pertamanya di MotoGP bersama Suzuki, Vinales ditarik ke Yamaha pada 2017 dan dipasangkan dengan Ramon Forcada yang membantu Jorge Lorenzo meraih gelar juara dunia.

Menyusul tiga kemenangan di lima balapan pembuka, hubungan Vinales-Forcada malah menegang. Dan setelah kemenangan keempat diraih di Phillip Island pada 2018, keduanya berpisah, membuka jalan bagi Garcia ke Yamaha.

Sementara Forcada hijrah ke Petronas Yamaha untuk membantu Franco Morbidelli, yang pada tahun lalu justru berhasil membawa sang pebalap Italia sebagai runner-up kejuaraan.

Baca Juga: Mulai Klop dengan KTM, Danilo Petrucci Tak Sabar Jajal Sasis Baru

Sedangkan Vinales hanya mampu meraih satu kemenangan dan finis peringkat enam.

Komentar