alexametrics

Jonatan Christie Pede TC di Kumamoto Berdampak Positif

Rully Fauzi
Jonatan Christie Pede TC di Kumamoto Berdampak Positif
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. [Dok. PBSI]

Timnas Bulutangkis Indonesia akan berlaga di Olimpiade Tokyo pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

Suara.com - Pebulutangkis Jonatan Christie mengaku program training camp (TC) alias pemusatan pelatihan yang akan berlangsung di Prefektur Kumamoto, Jepang akan berdampak positif bagi kemajuan Timnas Bulutangkis Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

"Kami berangkat duluan untuk training camp di Kumamoto, itu salah satu hal yang menurut saya bagus untuk mempersiapkan segala kondisi yang ada di Jepang. Kami bisa adaptasi suasana di sana. Sisanya mungkin hampir sama ya latihannya seperti di Jakarta, tinggal menjaga pikiran saja," kata Jonatan dalam rilis PBSI, Selasa.

Meski sudah mengantongi berbagai prestasi nasional dan internasional, atlet kelahiran 15 September 1997 itu menyadari bahwa Olimpiade adalah ajang yang sama sekali berbeda dari multievent lain.

"Multievent terasa lebih mewakili negara. Lebih terasa membela Indonesia ya walau di ajang lain juga saya membawa nama Indonesia," Jojo menuturkan.

Baca Juga: Profil Atlet Olimpiade: Gregoria Mariska, Termuda di Tim Bulutangkis

Menurut Jonatan, suasana di Olimpiade pasti berbeda dari Asian Games yang pernah ia menangi pada 2018. Dengan adanya tambahan formasi pemain dari Benua Eropa, atmosfer pertandingan akan menjadi lebih ketat.

Oleh karenanya ia akan menyikapi tantangan itu dengan lebih santai agar tidak terlalu membebani fokus pertandingan.

Kendati begitu Jonatan tetap punya kekhawatiran pada jalannya pertandingan yang akan berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

"Tegangnya bukan karena pertandingan, lebih karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan dengan kondisi seperti ini. Ambil contoh di All England kemarin, kami sudah di sana, terus tiba-tiba tidak bisa bertanding. Itu cukup membuat terpuruk. Makanya saya sekarang lebih berpasrah pada Tuhan, berdoa semoga kejadian itu tidak terulang lagi," ungkap Jojo.

Timnas Bulutangkis Indonesia memastikan mengirim tujuh wakil atau 11 atlet ke Olimpiade Tokyo. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Prediksi Semifinal Euro 2020: Italia vs Spanyol

Tunggal putra:
Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting

Tunggal putri:
Gregoria Mariska Tunjung

Ganda putra:
Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan

Ganda putri:
Greysia Polii / Apriyani Rahayu

Ganda campuran:
Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti

[Antara]

Komentar