alexametrics

Esteban Ocon Menangi F1 GP Hungaria yang Kacau Balau

Arief Apriadi
Esteban Ocon Menangi F1 GP Hungaria yang Kacau Balau
Pebalap tim Alpine melintasi garis finis untuk menjuarai Grand Prix Hungaria, Sirkuit Hungaroring, Budapest. (1/8/2021) (ANTARA/REUTERS/David W Cerny).

Dalam balapan di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Ocon memimpin lomba sejak restart dan finis 1,859 detik di depan Sebastian Vettel.

Suara.com - Pebalap tim Alpine Esteban Ocon meraih kemenangan perdana dalam kariernya di Formula 1 (F1). Dia naik podium tertinggi di F1 GP Hungaria 2021 yang berlangsung kacau balau, Minggu (1/8/2021) malam WIB.

Dalam balapan di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Ocon memimpin lomba sejak restart dan finis 1,859 detik di depan Sebastian Vettel, yang mengklaim podium untuk kedua kalinya musim ini untuk tim Aston Martin.

Lewis Hamilton, yang mengklaim pole position, harus puas melengkapi podium di peringkat tiga dengan jarak 2,736 detik menyusul blunder sebelum restart, demikian laman resmi Formula 1.

"Ini fantastis, apa yang bisa saya katakan?" kata Ocon.

Baca Juga: Lewis Hamilton Tetap Merasa Tak Bersalah Soal Kecelakaan Max Verstappen

"Selamat juga untuk Fernando, saya rasa kemenangan ini berkat dia juga dengan pertarungan yang dia lakukan. Ini kerja tim, ini hari yang fantastis."

Balapan sepanjang 70 putaran itu sempat dihentikan sementara menyusul kecelakaan beruntun di tikungan pertama lap pembuka saat Valtteri Bottas menabrak Lando Norris dan Lance Stroll terlibat senggolan dengan Charles Leclerc di saat trek masih basah.

Keempat pebalap tersebut dan Sergio Perez harus menyudahi lomba lebih dini karena mengalami kerusakan di mobilnya.

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen dan sejumlah pebalap juga mengalami kerusakan akibat pembukaan yang kaos itu.

Saat start ulang, seluruh pebalap, kecuali Hamilton, memilih untuk start dari pitstop dan berganti dengan ban kering.

Baca Juga: Lewis Hamilton Bidik Kemenangan ke-100, Berikut Statistik F1 GP Hungaria

Mercedes membuat kesalahan perhitungan ketika Hamilton mendapati trek sepenuhnya kering setelah start ulang sehingga ia harus masuk pit untuk berganti ban dan terlempar ke posisi terakhir di saat Ocon menajdi pemimpin lomba, diikuti mobil Aston Martin Sebastian Vettel.

Komentar