alexametrics

Valentino Rossi Umumkan Pensiun, Ini Deretan Warisan The Doctor untuk MotoGP

Rully Fauzi
Valentino Rossi Umumkan Pensiun, Ini Deretan Warisan The Doctor untuk MotoGP
Rider Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. [Ronny Hartmann / AFP]

Valentino Rossi memutuskan gantung helm di akhir musim ini.

Suara.com - Pebalap legendaris asal Italia, Valentino Rossi bakal pensiun di akhir musim MotoGP 2021 dengan sejumlah rekor yang menjadi warisan untuk dunia balap motor Grand Prix.

Seperti dilansir AFP, Jumat (6/8/2021), terdapat sejumlah pencapaian Valentino Rossi yang belum tersaingi pebalap Grand Prix mana pun.

Musim kejuaraan 1996 menandai debut Rossi di dunia balap motor Grand Prix.

Sejak itu, The Doctor --julukan Valentino Rossi-- tercatat telah melakoni 423 balapan di semua kategori. Jumlah tersebut belum termasuk 10 lomba yang akan berlangsung di sisa musim MotoGP tahun ini.

Baca Juga: Hasil Pramusim: Liverpool Dua Kali Tundukkan Bologna di Prancis

Rossi juga tercatat sebagai pebalap yang secara maraton berkompetisi selama 26 musim.

Dalam kariernya, Rossi tercatat sebagai rider dengan periode kemenangan terlama sepanjang sejarah, yakni dengan 20 tahun 311 hari.

Hitungan dimulai ketika Rossi finis terdepan untuk kali pertama di kelas 125cc GP Ceko di Sirkuit Brno, 18 Agustus 1996 hingga kali terakhir finis terdepan di MotoGP Belanda pada 25 Juni 2017. Torehan tersebut membuat Rossi berada di depan Loris Capirossi dengan 17 tahun 49 hari.

Selain itu, Rossi juga telah mencatatkan diri sebagai pebalap MotoGP dengan kemenangan periode terlama, yakni 16 tahun 351 hari, dimulai dengan kemenangan di kelas tertinggi 500cc GP Inggris Raya di Sirkuit Donington Park pada 9 Juli 2000, hingga kemenangan terakhirnya di Moto GP Belanda pada Juni 2017.

Pebalap yang kini berusia 42 tahun tersebut memiliki 89 kemenangan di kelas 500cc/MotoGP. Jumlah tersebut lebih banyak dari Giacomo Agostini (68) dan Marc Marquez (57).

Baca Juga: Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona, Ini Alasannya

Rossi juga tercatat memiliki rekor podium terbanyak di kelas tertinggi dengan 199. Jumlah tersebut mengalahkan Jorge Lorenzo dengan 114 podium dan Dani Pedrosa dengan 112 podium.

Komentar