facebook

Jorge Martin Rebut Pole MotoGP Austria, Pecahkan Rekor Red Bull Ring

Arief Apriadi
Jorge Martin Rebut Pole MotoGP Austria, Pecahkan Rekor Red Bull Ring
Pebalap tim Pramac Racing Jorge Martin melakukan selebrasi setelah mengklaim pole position Grand Prix Austria, Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg. (14/8/2021) (ANTARA/REUTERS/Borut Zivulovic)

Ini menjadi kali kedua beruntun Jorge Martin berhasil merebut pole position di Red Bull Ring setelah pekan lalu juga melakukannya dalam rangkaian MotoGP Styria.

Suara.com - Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin sukses merebut pole position MotoGP Austria 2021. Dia meraihnya setelah memecahkan rekor lap tercepat Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (14/8/2021).

Ini menjadi kali kedua beruntun Jorge Martin berhasil merebut pole position di Red Bull Ring setelah pekan lalu juga melakukannya dalam rangkaian MotoGP Styria.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo juga sempat memecahkan rekor sirkuit yang sebelumnya yang dibuat Johann Zarco saat memegang pole position provisional dengan catatan 1:22,677 atau 0,150 detik lebih cepat dari catatan sang kompatriot asal Prancis.

Akan tetapi Jorge Martin, yang harus menyintas Q1 terlebih dahulu, tampil paling cepat di setiap sektor di lap terakhirnya saat Q2 dan menorehkan 1:22,643 untuk pole position kedua kalinya secara beruntun di Spielberg dan untuk ketiga kalinya musim ini.

Baca Juga: Top 5 Sport: Joan Mir Pede Incar Kemenangan di MotoGP Austria karena Ini

Martin pekan lalu juga sempat memecahkan rekor Red Bull Ring di saat babak kualifikasi GP Styria yang ia konversikan menjadi kemenangan perdananya di tahun rookienya sebelum rekor itu dipecahkan oleh rekan satu timnya, Johann Zarco di FP1 pada Jumat, menegaskan dominasi mesin Desmosedici.

Kejutan larut dari Martin itu membuat Quartararo tergeser ke P2 dan Francesco Bagnaia finis ketiga di kualifikasi untuk membawa motor Ducati kedua melengkapi posisi start baris terdepan, demikian laman resmi MotoGP.

Sementara itu, Zarco, yang tampil dominan di sesi latihan bebas, harus puas mengawali balapan seri ke-11 di kalender itu dari P4.

Juara dunia delapan kali Marc Marquez berupaya menemukan kembali kecepatannya sejak kembali membalap pascacedera berkepanjangan dan bakal start dari P5 di depan pebalap Ducati Jack Miller.

Sementara itu, Joan Mir gagal mengulangi hasil kualifikasi terbaiknya musim ini di saat sang pebalap Suzuki finis P7 di depan Aleix Espargaro dari tim Aprilia.

Baca Juga: Yamaha Tak akan Turunkan Vinales di MotoGP Austria dan 4 Berita Sport Menarik

Sirkuit Red Bull Ring menjadi tuan rumah dua balapan beruntun pembuka paruh kedua musim ini.

Komentar