facebook

Haornas ke-38, Perpres No 86 Tahun 2021 Jadi Payung Hukum DBON

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Haornas ke-38, Perpres No 86 Tahun 2021 Jadi Payung Hukum DBON
Menpora Zainudin Amali di acara Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXVIII tahun 2021 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2021). [Dok. Kemenpora]

Kepastian tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Suara.com - Bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38, pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Nantinya, DBON akan menjadi payung hukum pengembangan olahraga di Indonesia.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali saat memperingati Haornas ke-38 di GOR Popki, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2021).

Menurutnya, peringatan Haornas kali ini menorehkan sejarah karena diterbitkannya Perpres nomor 86 Tahun 2021. Adapun untuk tema Haornas ke-38 ini yakni Desain Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Baca Juga: SEBAR! 40 Ucapan Selamat Haornas 2021 Hari Olahraga Nasonal, Ada Kata Cristiano Ronaldo

"Hadirin sekalian pada kesempatan Haornas ke-38 ini ada sejarah baru telah diukir. Pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden sebagai payung hukum untuk pelaksanaan DBON ini," kata Amali dalam sambutannya yang dipantau melalui sarana virtual, Kamis (9/9/2021).

"Tepatnya Pak Presiden Joko Widodo, hari ini 9 September, telah menandatangani Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional," sambungnya.

Menpora berharap adanya DBON bisa menjadi jawaban Jokowi mengenai prestasi olahraga di Indonesia. Sebab, menurutnya, prestasi tidak bisa didapat secara instan sehingga dibutuhkan DBON yang mengatur seperti pembinaan.

"Penyusunan DBON diharapkan jadi jawaban presiden tentang review total terhadap ekosistem olahraga nasional dan perbaikan tata kelola prestasi olahraga nasional," jelasnya.

"Ini sebagai penanda lahir harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia," sambung menteri asal Gorontalo tersebut.

Baca Juga: 50 Ucapan Selamat Haornas 2021 yang Dapat Anda Bagikan 9 September Besok

Pada peringatan Haornas ke-38 ini juga Jokowi menyampaikan beberapa pesan. Salah satunya adalah adanya peningkatan prestasi olahraga di level internasional.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar