facebook

Rawat Jalan di Rumah Pasca Koma, Begini Kondisi Michael Schumacher

Irwan Febri Rialdi
Rawat Jalan di Rumah Pasca Koma, Begini Kondisi Michael Schumacher
Pebalap legendaris Formula 1, Michael Schumacher, merayakan keberhasilannya memenangi balapan F1 GP Italia saat memperkuat tim Ferrari di Sirkuit Monza, Italia, Minggu (10/9/2006). [AFP/Patrick Hertzog]

Michael Schumacher sempat koma

Suara.com - Kondisi legenda Formula 1 (F1) asal Jerman, Michael Schumacher, pasca koma karena cedera otak dibeberkan oleh sang istri, Corinna.

Michael Schumacher sempat berada dalam kondisi kritis usai mengalami kecelakaan saat bermain ski pada akhir 2013 lalu di Pegunungan French Alps.

Saat itu Michael Schumacher terjatuh dengan kepala terbentur batu hingga mengalami cedera kepala serius meski sudah mengenakan helm pengaman.

Bahkan, insiden itu sempat membuat Michael Schumacher berada dalam koma karena cedera otak traumatis selama beberapa bulan.

Baca Juga: Hasil FP1 F1 GP Italia: Lewis Hamilton Lebih Cepat dari Verstappen

Pada awal 2014, sosok yang akrab disapa Schumi itu mulai menunjukkan kesadaran dan secara bertahap keluar dari koma dan sadar.

Meskipun sadar, masalah baru muncul dan harus dihadapi dengan sabar oleh keluarga Schumi setelah cedera otak membuat ingatan dan kemampuan komunikasinya menurun.

Dilansir darui Mirror, Corinna selaku sang istri sampai menyebut Schumi telah berubah dan bukanlah sosok yang ia kenal dulu.

Corinna mengaku sangat merindukan Schumi meskipun sang suami berada di sampingnya setiap hari, meskipun dalam keadaan berbeda.

Memiliki keyakinan bahwa sang suami masih dijaga malaikat pelindungnya, Corinna hanya berharap waktu dapat mengembalikan Schumi dalam kondisi sedia kala.

Baca Juga: Gabung Mercedes, George Russell Tegaskan Statusnya Setara Hamilton

"Saya merindukannya setiap hari, Michael di sini tetapi berbeda. Setiap hari dia masih menunjukkan betapa kuatnya dirinya," ucap Corinna.

"Kami selalu berhasil melewati setiap balapan dengan selamat, itulah yang membuat saya yakin dia memiliki beberapa malaikat pelindung.

"Saya tak tahu, apakah hanya semacam tembok pelindung yang dibuat sendiri atau saya hanya naif. Tetapi tak pernah terpikir oleh saya bahwa apa pun bisa terjadi.

"Insiden itu benar-benar mengerikan, semua nasib buruk yang pernah dialami siapa pun dalam hidup mereka," imbuhnya.

Usai keluar dari rumah sakit, Schumi kini hanya menjalani perawatan di kediamannya, meskipun sang istri tak menjelaskan secara rinci soal perawatan tersebut.

Ia hanya memastikan bahwa saat ini Schumi masih dalam proses terapi, melakukan segala cara demi membuat sang suami berada dalam kondisi terbaik.

"Kami mencoba untuk tetap melanjutkan kehidupan sebagai sebuah keluarga, bagaimana Michael menyukainya dan masih melakukan itu," ujar Corinna.

"Kami tinggal di rumah, melakukan terapi dan melakukan segala yang kami bisa untuk membuat Michael menjadi lebih baik.

"Serta menjadi nyaman tentunya. Kami ingin melanjutkan hidup, seperti yang sering dikatakannya privasi adalah privasi.

"Bagi kami penting untuk membuatnya tetap menikmati kehidupan pribadi selama mungkin, Michael selalu melindungi kami, kini giliran kami melindunginya." imbuhnya.

Komentar