alexametrics

Jelang Piala Sudirman 2021, Greysia / Apriyani Punya Masalah

Arief Apriadi
Jelang Piala Sudirman 2021, Greysia / Apriyani Punya Masalah
Pebulutangkis ganda Putri Indonesia Greysia Pollii/Apriyani Rahayu melakukan selebrasi setelah mengalahkan lawannya ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Kondisi Greysia / Apriyani belum 100 persen fit.

Suara.com - Jelang Piala Sudirman 2021, pasangan ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Greysia Polii / Apriyani Rahayu masih memiliki masalah yang harus diselesaikan.

Kepala pelatih ganda putri PBSI, Eng Hian mengatakan bahwa kondisi Greysia / Apriyani belum 100 persen fit pasca menjadi kampiun Olimpiade Tokyo pada 2 Agustus lalu.

"Kalau untuk kesiapan di ganda putri, kita sudah siap untuk bertanding ke Piala Sudirman," kata Eng Hian dalam rilis PBSI, Jumat (17/9/2021).

"Banyak pihak pasti menanyakan kondisi Greys/Apri dan saya bisa sampaikan kalau mereka kondisinya secara mental sudah siap bertarung tapi secara fisik belum 100%," tambah pelatih yang akrab disapa Didi itu.

Baca Juga: Top 5 Sport: Richard Mainaky Ungkap Kunci Sukses Pelatihan Ganda Campuran PBSI

Selepas menjuarai Olimpiade Tokyo, persiapan Greysia / Apriyani untuk Piala Sudirman 2021 banyak terpotong oleh berbagai kegiatan.

Selain masa karantina pasca pulang ke Tanah Air, Greysia / Apriyani harus menghadiri berbagai acara apresiasi. Akibatnya, waktu efektif persiapan keduanya diperkirakan cuma tiga pekan.

"Saat ini secara fisik baru mencapai 70-80%. Tapi kita harapkan seiring masih berjalannya waktu hingga menjelang pertandingan pertama di Finlandia, mereka bisa memaksimalkan jeda waktu untuk menaikkan kondisi," kata Didi.

Didi juga menjelaskan bahwa Greysia sempat meminta izin untuk berkumpul bersama keluarga sehingga waktu persiapan menjadi lebih pendek.

"Saya tidak berani lagi untuk memaksa Greys menjalani persiapan yang padat dengan kondisi dia yang notabene sudah banyak mengorbankan waktu dengan keluarga dan suaminya untuk fokus ke Olimpiade lalu," kata Didi.

Baca Juga: Resmi! Ini Skuad Bulutangkis Indonesia di Piala Sudirman 2021

"Kemarin, ia sempat izin beberapa hari untuk berkumpul bersama keluarga lalu kita berikan supaya nanti di Piala Sudirman secara mental Greys lebih siap dan lebih lepas," tambahnya.

Kondisi Greysia / Apriyani membuat Didi memberi tanggung jawab lebih pada Siti Fadia Silva Ramadhanti / Ribka Sugiarto. Keduanya diharapkan siap jika diminta menjadi ujung tombak sektor ganda putri di Piala Sudirman 2021.

Didi melihat persiapan Fadia/Ribka menunjukkan perkembangan sangat positif. Kekurangan di daya tahan yang menjadi PR besar Fadia/Ribka selama ini pun sudah mulai teratasi.

"Di Piala Sudirman ini, saya lebih fokus mempersiapkan Fadia/Ribka untuk bisa diberikan tanggung jawab, memikul tanggung jawab," beber pelatih 44 tahun tersebut.

"Kalau dibilang belum siap, di atas kertas memang belum siap tapi kalau saya melihat kesiapan mereka dari latihan itu sudah cukup bagus."

"Jadi nanti kita lihat kondisinya, Greys / Apriyani akan lebih diutamakan tapi kalau memang memungkinkan saya akan memaksimalkan Fadia/Ribka," jelas Didi.

Piala Sudirman 2021 akan bergulir di Vantaa, Finlandia, pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 mendatang. Indonesia tergabung di Grup C bersama Denmark, Komite Olimpiade Rusia (ROC), dan Kanada.

Komentar