alexametrics

Maverick Vinales Dipastikan Tak Ikut Balapan di COTA, Ini Sebabnya

Cesar Uji Tawakal
Maverick Vinales Dipastikan Tak Ikut Balapan di COTA, Ini Sebabnya
Maverick Vinales saat mengetes motor balap tim Aprilia. (Instagram)

Pembalap ini memutuskan untuk tak balapan di Sirkuit COTA.

Suara.com - Maverick Vinales dipastikan tidak akan berlaga di MotoGP COTA akhir pekan ini menyusul kematian sepupunya di balapan Jerez WorldSSP300 Sabtu lalu.

Dean Berta Vinales, yang baru berusia 15 tahun dan membalap untuk tim yang dijalankan oleh ayah Maverick, meninggal ketika dia jatuh dan ditabrak oleh pembalap yang membuntutinya.

Dilansir dari Crash, Maverick pergi ke trek untuk memberi penghormatan kepada Dean Berta selama satu menit mengheningkan cipta pada Minggu pagi.

Sebuah pernyataan Aprilia menjelaskan bahwa Vinales, dengan dukungan timnya, telah 'memutuskan untuk beristirahat'.

Baca Juga: Bikin Ngiler, Deretan Motor Balap MotoGP Klasik Ini Dilelang, Segini Kisaran Harganya

Pembalap ini akan kembali turun ke lintasan pada waktu lain untuk melanjutkan perjalanan kariernya bersama Aprilia:

Pebalap muda Spanyol, Dean Berta Vinales yang tewas setelah terlibat kecelakaan dalam ajang balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyol. (worldsbk.com)
Pebalap muda Spanyol, Dean Berta Vinales yang tewas setelah terlibat kecelakaan dalam ajang balap motor Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyol. (worldsbk.com)

"Maverick Vinales tidak akan berada di grid awal untuk GP Amerika yang dijadwalkan akhir pekan ini di sirkuit di Austin, Texas."

"Kurang dari seminggu telah berlalu sejak kecelakaan yang melibatkan Dean Berta Vinales, sepupu muda Maverick, yang tidak cukup waktu untuk mendapatkan kembali ketenangan yang dibutuhkan untuk balapan. Maverick, dengan dukungan penuh dan tanpa syarat dari Aprilia Racing, oleh karena itu memutuskan untuk berhenti sejenak dalam perjalanannya mengenal motor dan tim dari Noale."

"Seluruh keluarga Aprilia Racing mendukung keputusan ini dan mendukung Maverick dan orang-orang terkasihnya. Akan ada waktu dan putaran lain untuk melanjutkan perjalanan menjanjikan yang dimulai bersama. Sebuah perjalanan yang harus sepenuhnya menghormati orang-orang yang terlibat dan perasaan mereka."

COTA akan menjadi ajang MotoGP kedua yang Vinales lewatkan musim ini setelah diskors oleh Yamaha di Austria.

Baca Juga: Jelang MotoGP Austin, Fabio Quartararo Malah Ogah Main Aman

Pembalap Spanyol itu kemudian berpisah dari pabrikan Jepang dan bebas untuk segera beralih ke Aprilia, di mana ia finis di urutan ke-18 dan ke-13 dalam balapan pembukanya di RS-GP, diikuti oleh urutan kedelapan di tes Misano.

Tiga putaran tersisa setelah COTA, dimulai dengan event Misano kedua pada 22-24 Oktober.

Belum dapat dipastikan apakah Aprilia sekarang akan menjalankan test rider Lorenzo Savadori, yang mundur dari balapan menyusul kedatangan Vinales pada pertengahan musim, bersama Aleix Espargaro di Austin.

Komentar