alexametrics

Bikin Perbasi Bingung, Hasil Positif Covid-19 Lester Prosper Janggal?

Arief Apriadi
Bikin Perbasi Bingung, Hasil Positif Covid-19 Lester Prosper Janggal?
Pelatih timnas basket Indonesia, Rajko Toroman (tengah) saat memberikan instruksi kepada para pemainnya di laga perdana Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023 kontra Lebanon, 26 November 2021 lalu. [FIBA]

Tanpa kehadiran Lester Prosper, timnas basket Indonesia kalah telak dari Lebanon pada 26 November lalu.

Suara.com - Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih mengaku bingung dengan hasil positif Covid-19 yang didapatkan Lester Prosper sehingga dilarang tampil saat Indonesia menghadapi Lebanon, di Zouk Mikael, Lebanon, Jumat (26/11/2021).

Tanpa kehadiran Lester Prosper yang berposisi sebagai center, timnas basket Indonesia bertekuk lutut dengan skor telak 38-96 dalam laga perdana Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023 tersebut.

Terkini, Perbasi mengungkapkan ada kejanggalan dalam hasil positif Covid-19 yang diterima Lester Prosper melalalui tes usap tersebut.

Sebab, menatap pertemuan pertama melawan Lebanon, penggawa timnas basket Indonesia menjalani tiga kali tes usap yakni saat penerbangan dari Amerika Serikat ke Lebanon, hingga sesampainya di negara tersebut.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Basket Indonesia untuk Kualifikasi FIBA World Cup 2023

Hasilnya, Lester Prosper dinyatakan negatif Covid-19, sebelum panitia Lebanon melakukan tes usap jelang pertandingan dengan hasil sebaliknya sehingga pemain naturalisasi itu batal tampil.

Setelah menjalani isolasi selama dua hari, Lester Prosper kini dinyatakan negatif Covid-19 setelah melakukan tes pada 28 November 2021.

Pebasket naturalisasi, Lester Prosper (kedua dari kanan) berlatih bersama rekan-rekannya di timnas basket Indonesia jelang laga kedua Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023 kontra Lebanon. [Perbasi]
Pebasket naturalisasi, Lester Prosper (kedua dari kanan) berlatih bersama rekan-rekannya di timnas basket Indonesia jelang laga kedua Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023 kontra Lebanon. [Perbasi]

"Prosper seharusnya sudah bisa dimainkan pada pertandingan kedua saat kita menjadi tuan rumah melawan Lebanon nanti," terang Danny Kosasih dalam rilisnya, Senin (29/11/2021).

Pada laga perdana Grup C, timnas basket Indonesia tak hanya kehilangan Prosper. Namun, Arki Dikania Wisnu juga absen karena dinyatakan positif Covid-19 sejak menjalani training camp di Amerika Serikat.

Kondisi itu membuat Skuad Garuda mengandalkan potensi Vincent Kosasih sebagai satu-satunya big man yang tersedia, plus berharap banyak pada Brandon Jawato, pebasket berdarah Indonesia-Amerika Serikat yang kini tampil di Liga Jepang (B-League) dengan Utsunomiya Brex.

Baca Juga: 12 Pemain Timnas Basket Indonesia Dibawa ke Kualifikasi FIBA World Cup 2023 di Lebanon

Jawato sukses menjalankan tugasnya dengan mencetak 13 poin diikuti Abraham Damar Grahita (11). Namun pemain lainnya tak mampu berbuat banyak hingga Indonesia kalah telak 38-96.

Timnas Indonesia akan memainkan laga kedua Grup C Kualifikasi FIBA World Cup 2023 kontra Lebanon di di Zouk Mikael, Lebanon, pada Senin (29/11/2021) pukul 21.00 WIB.

Komentar