alexametrics

Verstappen Bela Diri Usai Dianggap Bersalah dalam Insiden Tabrakan dengan Hamilton

Arief Apriadi
Verstappen Bela Diri Usai Dianggap Bersalah dalam Insiden Tabrakan dengan Hamilton
Arsip - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (kiri) dan driver Red Bull, Max Verstappen. [LARS BARON / AFP]

Steward Formula 1 mendapati Max Verstappen paling bertanggung jawab dalam insiden tabrakan dengan Lewis Hamilton.

Suara.com - Pebalap Red Bull, Max Verstappen membela diri setelah dianggap bersalah dalam insiden tabrakan dengan rival utamanya, Lewis Hamilton dalam balapan F1 GP Arab Saudi, Senin (6/12/2021) dini hari WIB.

Steward Formula 1 mendapati pebalap asal Belanda itu paling bertanggung jawab dalam insiden tersebut hingga diganjar dua penalti.

Pebalap berusia 24 tahun asal Belanda itu mendapat penalti lima detik karena memotong tikungan demi menjaga keunggulan posisi saat bertahan dari serangan Hamilton, dan 10 detik tambahan setelah balapan karena menyebabkan tabrakan saat ia berupaya menyerahkan kembali posisi pimpinan lomba ke pebalap Mercedes tersebut.

"Saya mengarah ke sisi kanan dan saya melambatkan mobil dan saya mengerem, menurunkan gigi dan dia berada sangat dekat di belakang saya," kata Verstappen, seraya menambahkan ia hanya ingin membiarkan Hamilton lewat.

Baca Juga: Jelang F1 GP Arab Saudi, Mercedes Berharap Jaga Momentum

Hamilton, sementara itu menabrak mobil Red Bull itu dari belakang, yang kemudian menuduh Verstappen menguji pengereman.

"Saya melaju semakin lambat, menurunkan gigi dan kemudian kami mengalami miskomunikasi atau apapun itu dan dia menubruk bagian belakang saya dan itu yang terjadi," kata Verstappen dikutip Reuters.

Steward memandang Hamilton bisa saja menyalip ketika Verstappen melambatkan diri.

Tapi mereka paham kenapa dia atau Verstappen tidak ingin berada di depan menuju zona DRS, yang dapat membuat siapapun yang berada di depan rentan tersalip pebalap di belakangnya.

Pengawas balapan mendapati Verstapen mengerem dengan tiba-tiba dan tidak menentu dan memutuskan sang pebalap paling bertanggung jawab menyebabkan tabrakan.

Baca Juga: Max Verstappen Bisa Kunci Gelar Juara F1 di Jeddah, Begini Skenarionya

Berbicara soal manuver defensifnya di lap ke-37 itu, Verstappen mengatakan ia tidak paham kenapa diganjar penalti lima detik.

Komentar