facebook

Max Verstappen Raih Pole Position untuk Sprint Race F1 GP Emilia Romagna

Reky Kalumata
Max Verstappen Raih Pole Position untuk Sprint Race F1 GP Emilia Romagna
Pembalap Red Bull Racing asal Belanda Max Verstappen melaju saat sesi kualifikasi di trek balap Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari di Imola, Italia, pada 22 April 2022, menjelang F1 GP Emilia Romagna. Miguel MEDINA / AFP

Sprint race sendiri kini menyediakan poin untuk pebalap yang finis delapan besar

Suara.com - Max Verstappen meraih pole position pertamanya musim ini untuk mengamankan posisi start terdepan sprint race F1 GP Emilia Romagna Sabtu ini.

Juara dunia bertahan dari tim Red Bull itu mencatatkan lap terbaik 1:27,999 dalam babak kualifikasi yang basah dan terganggu sejumlah insiden kecelakaan pada Jumat.

Pemuncak klasemen sementara Charles Leclerc akan memarkirkan mobil Ferrarinya di samping sang pebalap Belanda di baris terdepan untuk balap sprint sejauh 100km pertama musim ini.

Lando Norris membawa McLaren ke P3 meski mengalami insiden pada akhir sesi.

Baca Juga: Formula 1: Charles Leclerc Tercepat, Ferrari Mendominasi FP1 GP Emilia Romagna

"Kondisi sulit di luar sana, kering, hujan, sangat licin. Kualifikasi yang sangat sibuk, lama tapi pada akhirnya saya sangat senang di sini," kata Verstappen seperti dimuat Antara.

"Ini trek yang luar biasa, saya tahu besok dan Minggu akan berbeda cuacanya tapi ini awal yang sangat baik untuk akhir pekan ini."

Setelah Leclerc memuncaki catatan waktu FP1, hujan mereda menjelang babak kualifikasi dan para pebalap turun ke lintasan dengan ban soft di Q1.

Dia embali tampil tercepat pada Q1 mengungguli Verstappen. Sesi Q2 hujan turun deras dan Verstappen memuncaki catatan waktu sebelum Carlos Sainz mengalami kecelakaan saat berada di P2.

Para pebalap harus berganti ban intermediate dalam sesi kualifikasi terakhir dan Verstappen mencetak lap terbaiknya pada awal Q3 sebelum Valtteri Bottas mengalami kecelakaan yang menyebabkan bendera merah dikibarkan untuk keempat kalinya sore itu saat waktu tinggal tiga menit.

Tertinggal nyaris 0,8 detik, Leclerc memiliki kesempatan terakhir berusaha mencuri pole position dari sang juara bertahan namun Lando Norris mendapati mobilnya tergelincir dari trek pada detik-detik terakhir Q3.

Baca Juga: Sindir Lewis Hamilton yang Berencana Akuisisi Chelsea, Verstappen: Saya Kira Dia Fans Arsenal

Sementara Kevin Magnussen membawa mobil Haas-nya ke P4 dan Fernando Alonso melengkapi lima besar untuk tim Alpine.

Komentar