facebook

Max Biaggi Resmi Bergelar Legenda MotoGP

Syaiful Rachman
Max Biaggi Resmi Bergelar Legenda MotoGP
Pebalap Italia Max Biaggi secara resmi menyandang gelar Legenda MotoGP menyusul seremoni yang dilakukan di Sirkuit Mugello jelang Grand Prix Italia, Jumat. (ANTARA/HO via Dorna Sports)

Seremoni dilakukan di Sirkuit Mugello.

Suara.com - Pebalap Italia Max Biaggi secara resmi menyandang gelar Legenda MotoGP menyusul seremoni yang dilakukan di Sirkuit Mugello menjelang Grand Prix Italia, Jumat (27/5/2022).

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta menganugerahi Biaggi dengan medali Legenda MotoGP disaksikan para nama-nama besar dunia balap yang menghadiri upacara di paddock Mugello.

Pangeran Albert II dari Monako bahkan mengirimkan pesan khusus lewat video.

Pebalap asal Italia, Max Biaggi, saat memperkuat tim Repsol Honda di MotoGP 2005. [AFP/Lluis Gene]
Pebalap asal Italia, Max Biaggi, saat memperkuat tim Repsol Honda di MotoGP 2005. [AFP/Lluis Gene]

"Ini adalah hari yang sangat spesial bagi saya dan pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Carmelo dan Dorna, yang membuat hal ini terwujud," kata Biaggi dalam keterangan resmi MotoGP.

Baca Juga: Tekad Kuat Alex Rins Raih Podium di MotoGP Italia 2022, Sebut Motor Suzuki Mulai Membaik Performanya

"Tanpa mereka, tidak ada yang mungkin, jadi terima kasih banyak, Carmelo."

"Kedua, saya ingin berterima kasih kepada setiap orang yang membuat ini terwujud, semua pabrikan di masal lalu, mulai dari Aprilia, Honda dan Yamaha, dan semua orang yang hadir di sini pada dasarnya mendukung saya setiap saat, di waktu dan tim yang berbeda."

"Saya bangga semuanya datang, bagi saya ini sangat berarti, karena kehidupan terus berlanjut setelah balapan."

Biaggi bisa dikatakan cukup telat memulai kariernya di dunia balap, di mana ia untuk pertama kalinya berkompetisi pada usia 18 tahun di kelas 125cc.

Sejak itu, kariernya semakin menanjak, menjalani balap Grand Prix perdananya pada 1991 serta poin pertama di kelas 250cc.

Baca Juga: Aleix Espargaro dan Maverick Vinales Tetap di Aprilia hingga 2024

Pada 1992, ia meraih kemenangan pertamanya dan pada 1994 pebalap berjuluk "Roman Emperor" itu menjadi juara dunia untuk pertama kalinya, sekaligus mempersembahkan titel pertama Aprilia di kelas 250cc.

Komentar