Sejumlah Bintang Tenis Kunjungi Pusat Autisme di Sela Turnamen Astana Open

Reky Kalumata
Sejumlah Bintang Tenis Kunjungi Pusat Autisme di Sela Turnamen Astana Open
Petenis Spanyol Carlos Alcaraz bereaksi setelah mendapatkan satu poin dalam pertandingan perempat final tunggal putra turnamen Tenis AS Terbuka 2022 melawan Jannik Sinner dari Italia di USTA Billie Jean King National Tennis Center di New York, pada 7 September 2022. Corey Sipkin / AFP

Carlos Alcaraz dan Novak Djokovic bercengkerama dengan anak-anak di lembaga kesehatan tersebut.

Suara.com - Sejumlah bintang tenis yang menjadi peserta Astana Open 2022 mengunjungi pusat autisme Asyl Miras di sela-sela jadwal turnamen level ATP 500 di ibu kota Kazakhstan, Senin.

Petenis peringkat satu dunia Carlos Alcaraz dan pemilik 21 gelar Grand Slam Novak Djokovic menjadi petenis yang hadir untuk bercengkerama dan bertukar hadiah dengan anak-anak di lembaga kesehatan tersebut.

"Mereka memberi saya hadiah, itu membuat saya tersenyum ketika mereka memberikannya kepada saya. Saya sangat senang menjalani hal-hal ini, melihat anak-anak bahagia. Dan itu yang terpenting," kata Alcaraz seperti disiarkan laman resmi ATP Tour, Senin seperti dimuat Antara.

Petenis Serbia Novak Djokovic saat mengalahkan petenis Spanyol Pablo Andujar dalam Tel Aviv Watergen Open 2022 di Tel Aviv, Israel, 29 September 2022. (AFP/JACK GUEZ)
Petenis Serbia Novak Djokovic saat mengalahkan petenis Spanyol Pablo Andujar dalam Tel Aviv Watergen Open 2022 di Tel Aviv, Israel, 29 September 2022. (AFP/JACK GUEZ)

Asyl Miras adalah proyek dari yayasan Bulat Utemuratov, sebuah yayasan yang diberi nama dari presiden Federasi Tenis Kazakhstan. Bulat sejauh ini telah membuka 11 pusat autisme di negaranya.

Baca Juga: Iga Swiatek Sedih Tak Dapat Bela Polandia di Final Piala Billie Jean King 2022

Djokovic juga telah lama memiliki yayasannya sendiri namun dengan fokus pendidikan dan pengembangan anak usia dini.

Petenis asal Serbia itu juga pernah mengirim pesan kepada penggemar autis muda yang tinggal di Makedonia. ATP mengutip keterangan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyebutkan sekitar satu dari 100 anak menderita autisme.

Kunjungan Djokovic dan Alcaraz dilakukan satu hari setelah sesama bintang ATP Daniil Medvedev dan Felix Auger-Aliassime bersambang pada hari Minggu. Mereka juga memberikan hadiah kepada anak-anak di Asyl Miras, dan menerima satu atau dua hadiah dari anak-anak termasuk lukisan.

Medvedev menggunakan kunjungan tersebut untuk memberikan energi baginya sebelum berlaga di lapangan.

"Mereka semua senang ketika kami memberi mereka hadiah dan ya, itu hanya energi yang bagus. Memberi Anda suasana hati yang baik, dan tentu Anda ingin membantu orang ketika melihat hal ini," kata Medvedev menceritakan.

Baca Juga: Nick Kyrgios Tetap Fokus Japan Open Jelang Sidang Kasus Penyerangan

Felix juga tak kalah terkesan dengan kunjungan sosial tersebut, bahkan ia mengapresiasi kinerja yayasan yang begitu peduli pada anak-anak pengidap autisme.