Studi: Nonton Film 3D Bisa Bikin Anda Lebih Cerdas

Liberty Jemadu
Studi: Nonton Film 3D Bisa Bikin Anda Lebih Cerdas
Ilustrasi menonton film 3D (Shutterstock).

Bisa membantu para manusia berusia lanjut.

Suara.com - Sebuah studi yang digelar di London, Inggris menunjukkan bahwa film yang ditayangkan menggunakan teknologi 3dimensi (3D) bisa meningkatkan kinerja otak dan membuat Anda lebih cerdas.

Studi yang digelar oleh Patrick Fagan, pakar neurosains dari Goldsmiths University, London, menunjukkan bahwa film 3D bisa meningkatkan kinerja otak bahkan pada orang-orang yang sudah berusia lanjut.

Dalam studi itu Fagan menggelar sebuah eksperimen. Ia memutar film animasi "Big Hero 6" baik dalam versi 3D maupun 2 dimensi, selama 30 menit kepada 129 orang relawan.

Saat menonton, para relawan diminta mengenakan sebuah headset yang dilengkapi sensor, yang berfungsi untuk mengukur perubahan dalam otak. Setelah menonton, mereka juga diminta menjawab sejumlah tes yang bertujuan untuk mengukur kinerja otak mereka.

Hasilnya ditemukan bahwa kinerja otak, daya ingat, kemampuan untuk memecahkan masalah, dan lamanya waktu otak untuk bereaksi meningkat selama 20 menit setelah para relawan menonton film 3D.

Ditemukan juga bahwa kemampuan proses kognitif naik 23 persen dan reaksi otak juga meningkat 11 persen setelah para relawan menyaksikan film 3D.

"Film 3D lebih menarik. Merangsang orang. Dari sudut pandang evolusi, ini sama saja dengan saat seekor harimau menerjang Anda, membuat Anda terpacu untuk berpikir lebih cepat, apakah harus lari atau melawan," kata Fagan.

Fagan mengatakan bahwa film 3D bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja para manusia berusia lanjut.

"Hasil awal studi ini mengindikasikan bahwa film 3D berpotensi untuk memperlambat pelemahan fungsi otak pada manusia usia lanjut," ujar Fagan. (Tech Times/The Guardian)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS