Baterai iPhone Anda Bermasalah? Begini Cara Mengeceknya

Dythia Novianty
Baterai iPhone Anda Bermasalah? Begini Cara Mengeceknya
Baterai iPhone. [Shutterstock]

Jika baterai iPhone Anda bermasalah jangan langsung memtuskan membeli baru, sebelum mengeceknya.

Suara.com - Teori konspirasi tentang Apple memperlambat kinerja iPhone lamanya, tampaknya beberapa diantaranya menunjukkan kebenaran. Kabarnya, Apple memasukkan sebuah mekanisme di iOS yang akan membatasi kinerja perangkat keras jika baterai ponsel memburuk dan tidak lagi mampu memberikan tenaga yang handal agar ponsel berfungsi dengan baik.

Pemikiran Apple adalah lebih baik memiliki ponsel lambat yang bekerja, bukan restart secara acak karena baterai yang memburuk.

Masalah? Apple lupa memberi tahu pelanggan bahwa ini sedang terjadi. Jadi, beberapa orang di luar sana berpikir mereka membutuhkan iPhone baru saat ada baterai mulai memburuk.

Perusahaan pimpinan Tim Cook ini mengambil beberapa langkah dan meminta maaf atas miskomunikasi ini. Salah satunya, menambahkan submenu Baterai baru di iOS 11.3, yang dengan sangat jelas akan memberi tahu pengguna tentang baterai baterai iPhone mereka dan juga apakah telepon sedang bermasalah atau tidak.

Lalu bagaimana jika tidak ingin kinerja iPhone Anda terbatas? Bagaimana jika Anda hanya ingin menggunakan kekuatan penuh dari ponsel dan beresiko melakukan restart sesekali?

Cara ini mungkin dilakukan, Suara.com merangkumnya untuk Anda dikutip dari Phonearena. Begini caranya:

1. Submenu Kesehatan Baterai

Buka Pengaturan → Baterai. Di sini, Anda akan melihat submenu Battery Health (Beta) baru. Pilih itu.

2. Periksa kesehatan dan performa baterai

Di sini, kita memiliki layar yang cukup sederhana namun informatif. Anda akan segera melihat kesehatan sel telepon dan juga melihat apakah ada penurunan dalam kinerja.

3. Throttled phone

Jika telepon Anda mengalami gangguan yang tidak terduga karena kegagalan baterai, maka secara otomatis akan memperlambat kinerja. Sebagai upaya untuk menghindari hal ini di masa mendatang, Anda dapat menonaktifkan Manajer Kinerja.

Perlu diingat, jika telepon Anda direstart lagi, Anda harus masuk ke sini untuk menonaktifkan pengelolaan lagi!

4. Waktu mengganti baterai

Jika kesehatan baterai Anda di bawah 80 persen atau jika tidak mendapatkan metrik yang tepat di submenu ini, ini saat yang tepat untuk mengunjungi toko Apple lokal atau bengkel resmi karena Anda harus mengganti baterai dengan yang baru.

Selamat mencoba!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS