Ditemukan : 25 Juta Serangan Siber Piala Dunia 2018

RR Ukirsari Manggalani | Aditya Gema Pratomo
Ditemukan : 25 Juta Serangan Siber Piala Dunia 2018
Trofi dan bola resmi Piala Dunia 2018 [Shutterstock].

Selagi ramai-ramai berteriak "gol!" adakah penonton berpikir terjadinya serangan keamanan?

Suara.com - Jangan anggap remeh serangan siber . Saat Piala Dunia 2018 tengah gencar-gencarnya berlangsung, termasuk perebutan gelar juara antara Perancis dengan Kroasia , serta bagaimana tim-tim unggulan dari Brasil, Argentina, dan Inggris bertumbangan, di sisi lainnya para pakar di Negeri Beruang Merah juga sibuk menangkal perusuh dan peretas dunia maya.

Sekiranya, seberapa parah hantaman siber sepanjang hajatan Piala Dunia 2018?

Vladimir Putin , orang nomor satu Rusia mengatakan pihaknya berhasil menangkal banyak sekali serangan siber di sektor sistem informasi dan infrastruktur kejuaraan bola paling akbar sedunia itu.

"Kami menetralisir hampir 25 juta serangan siber dan kegiatan kriminal lainnya selama Piala Dunia 2018," kata Putin saat bertemu dengan para penasihat keamanan, Minggu malam (15/07/2018).

Dalam pertemuan itu, Putin juga mengucapkan terima kasih kepada 55 lembaga penegak hukum dari 34 negara yang menjaga keamanan selama turnamen berlangsung.

Penonton masuk ke lapangan saat final Piala Dunia 2018
Penonton masuk ke lapangan saat final Piala Dunia 2018

Rusia telah melakukan pengamanan cukup ketat sepanjang kejuaraan ini berlangsung, termasuk memeriksa latar belakang lebih dari dua juta tamu yang datang untuk menonton pertandingan.

Para petugas keamanan, lanjut Putin, juga melakukan tugas-tugas sulit seperti memastikan segala tempat berlaga bola bebas dari ancaman radiasi kimia, biologi, sampai ledakan.  Menerapkan pengamanan berlapis bagi para pesepakbola, sekaligus melindungi seluruh pemirsa di setiap stadion yang menjadi venue semua tim pelaga bola.

Selain pengamanan siber, infrastruktur, pesepakbola sampai penonton sendiri, Putin yang dahulu pernah menjabat sebagai agen rahasia KGB juga menggarisbawahi ketertiban para tamu di negaranya selama Piala Dunia 2018.

“Beberapa penggemar memang emosional, tetapi mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab," tandasnya. "Saya sampai terkejut melihatnya. Saya ingin berterima kasih kepada mereka atas sikap positif mereka dalam mengikuti rangkaian acara sepakbola ini."

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS