Alasan Siswa Ini di Sekolah Sampai Malam Bikin Haru

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Alasan Siswa Ini di Sekolah Sampai Malam Bikin Haru
Siswa belajar sampai malam dengan alasan bikin haru. [Facebook/@Mark Pee Ortil Pornasdoro]

Seorang lelaki asal Pagbilao, Quezon, Filipina, membagikan sebuah foto seorang siswa yang duduk sendirian di dalam kelasnya sampai malam dan menjadi viral di media sosial.

Suara.com - Seorang lelaki asal Pagbilao, Quezon, Filipina, membagikan sebuah foto seorang siswa yang duduk sendirian di dalam kelasnya sampai malam, meskipun jam pelajaran telah berakhir. Melalui unggahan lewat akun Facebooknya, lelaki bernama Mark Pee Ortil Pornasdoro yang diketahui sebagai seorang guru, melihat siswanya ini saat sedang mengecek kembali ruang kelas.

Dalam kolom keterangannya, Mark Pee menjelaskan bahwa siswanya ini menyelesaikan tugas yang seharusnya diserahkan sekitar jam 5 sore, namun Mark Pee memberi keringanan dan mengatakan tugas itu bisa dijadikan PR untuk besok.

"Saya sudah memberi tahunya bahwa dia bisa meneruskannya besok. Tapi dia masih di sini dan itu mengejutkanku. Saya mengatakan kepadanya untuk berhenti dan pulang karena dia juga belum makan. Tapi dia menjawab 'tinggal sedikit lagi, Pak' dan mengatakan akan makan nanti. Sepertinya dia sudah terbiasa untuk menahan lapar. Dia menyelesaikan tugasnya sekitar jam 7.38 malam," tulis Mark Pee dalam postingannya.

Diketahui siswa tersebut tinggal di sekitar Brgy Malusak. Rupanya, alasan mengapa siswanya tetap tinggal di sekolah dan mengerjakan PR karena di daerah rumahnya belum dialiri listrik dan hanya menggunakan lampu gas. Siswa tersebut memanfaatkan kesempatannya untuk tinggal di sekolah demi menyelesaikan tugasnya dan tidak keberatan jika itu membuatnya pulang terlambat atau bahkan harus menahan lapar.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 52 ribu kali ke sesama pengguna Facebook dan mendapat Like lebih dari 271 ribu itu menuai beragam komentar dari warganet.

"Ini membuatku menangis. Sebagai calon guru, hal ini membuat hatiku bahagia melihatnya," tulis pemilik akun Justine Loise.

"Satu guru yang baik dapat membentuk murid yang baik juga. Salute to you, Sir." puji Leticia Tojos.

"Jangan menyerah, nak," tambah Jumellie Taruc.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS