Dunia Berdebar Tunggu 5G, Cina Mulai Riset 6G

Liberty Jemadu
Dunia Berdebar Tunggu 5G, Cina Mulai Riset 6G
Ilustrasi teknologi 6G. [Shutterstock]

Cina berencana memasarkan teknologi 6G pada 2030.

Suara.com - Ketika sebagian besar negara di dunia sedang berdebar-debar menunggu penerapan teknologi 5G, Cina rupanya sudah berencana mengembangkan teknologi internet 6G.

Su Xin, pemimpin kelompok kerja teknologi 5G pada Kementerian Teknologi Industri dan Informasi Cina mengatakan bahwa pihaknya akan mulai menggelar riset dan mengembangkan teknologi 6G secara formal pada 2020.

Tetapi, seperti diwartakan CNet, riset 6G di tataran konsep akan dimulai tahun ini. Cina berambisi mulai menyediakan teknologi 6G secara komersial pada 2030.

Teknologi 6G kabarnya bisa menyajikan internet dengan kecepatan 10 kali lipat 5G dan - setidaknya dalam teori - kecepatan unduhnya bisa mencapai 1 TB per detik.

Selain itu teknologi 6G juga diklaim bisa membawa perubahan revolusioner terhadap struktur jaringan kabel dan nirkabel karena bisa menyediakan layanan dengan jangkauan lebih luas dan lebih efisien.

Tetapi Cina tak sendiri dalam mengembangkan teknologi 6G. Amerika Serikat, Rusia, dan Uni Eropa juga sudah mulai merancang konsep serta riset teknologi 6G.

Bahkan perusahaan telekomunikasi AS, Charter Communications pada Februari lalu mengaku sedang menguji coba teknologi 6G.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS