Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8cx, Platform PC 7nm Pertama di Dunia

Silfa Humairah Utami | Lintang Siltya Utami
Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8cx, Platform PC 7nm Pertama di Dunia
Ilustrasi qualcomm luncurkan snapdragon 8cx, platform PC 7nm pertama di dunia. (Shutterstock)

Apa yang ditawarkan Snapdragon 8cx, platform PC 7 nanometer yang diklaim menjadi yang pertama di dunia?

Suara.com - Qualcomm Technologies Inc meluncurkan Snapdragon 8cx, platform PC 7 nanometer yang diklaim menjadi yang pertama di dunia, prosesor premium ini diperkenalkan lewat acara Snapdragon Technology Summit yang diselenggarakan di Hawaii pada 7 Desember lalu.

Memiliki dua kali dari kinerja Snapdragon 850, Snapdragon 8cx dilengkapi dengan GPU Adreno 680 dan CPU Kyro 495 terbaru, Qualcomm mengklaim prosesor ini memberikan efisiensi daya 60 persen lebih besar.

"Sebagai platform Snapdragon tercepat, Snapdragon 8cx akan menawarkan pengalaman komputasi yang kuat dari masa baterai multu-day dan konektivitas multi-gigabit. Dengan hadirnya inovasi 7nm ke ruang PC, ini memungkinkan kapabilitas layaknya ponsel untuk mentransformasi pengalaman menggunakan komputer," ucap Alex Katouzian, Senior Vice President dan General Manager of Mobile for Qualcomm Technologies, seperti yang dikutip langsung dari laman Qualcomm.

GPU Adreno 680 sendiri merupakan GPU paling kuat yang pernah dirancang Qualcomm, yang menawarkan penggandaan memori interface dari 64 bit menjadi 128 bit. Sementara itu, CPU Kyro 495 octa-core ini merupakan CPU Kyro tercepat yang pernah dibuat Qualcomm. Kyro 495 memungkinkan multi-tasking dan peningkatan yang lebih cepat.

Tak hanya itu, Snapdragon 8cx juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth 5.0 dan Qualcomm Quick Charge 4+ serta teknologi audio Qualcomm Aqstic. Sementara itu, dilansir dari Windows Central, penamaan cx sendiri berasal dari "Compute" dan "Extreme", di mana Snapdragon 8cx saat ini memang menjadi karya paling mutakhir dan ekstrem dari Qualcomm.

Untuk saat ini, Snapdragon 8cx telah menjadi platform pertama di dunia yang disiapkan untuk konsumen Windows 10 Enterprise, rencananya, Qualcomm akan memasarkan Snapdragon 8cx pada kuartal ketiga tahun 2019.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS