Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbandingan Realme U1 vs Oppo F9

Agung Pratnyawan
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbandingan Realme U1 vs Oppo F9
Realme U1 vs Oppo F9. (HiTekno.com)

Sulit membandingkan kedua ponsel ini.

Suara.com - Oppo F9 punya pesaing ketat sebagai ponsel selfie, yaitu Realme U1. Kedua ponsel ini sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Mana yang lebih menarik dipinang antara Realme U1 vs Oppo F9 ini?

Kedua ponsel ini memang menjanjikan kamera selfie beresolusi besar. Pastinya ponsel ini ditujukan untuk penggemar foto selfie. 

Baca Juga : Duel Smartphone Kamera Canggih, Oppo R17 Pro vs Samsung Galaxy A9

Melihat perilisannya, ponsel Oppo F9 hadir lebih awal ke Indonesia yaitu pada Agustus 2018 lalu. Sedangkan Realme U1 baru saja masuk ke Tanah Air pada 10 Desember 2018.

Realme U1 vs Oppo F9 benar-benar datang dengan spesifikasi sempurna dan serupa. Keduanya memang bersaudara, karena Realme adalah anak dari Oppo.

Sulit membandingkan kedua ponsel ini. Walaupun begitu, dalam beberapa kelas kedua perangkat ini rupanya bisa mengungguli satu dengan yang lain.

Bagaimana perbandingan ponsel Realme U1 vs Oppo F9, simak ulasan di bawah ini.

1. Hardware dan Performa

Realme U1. (Realme Indonesia)
Realme U1. (Realme Indonesia)

Dari dapur pacu, Realme U1 vs Oppo F9 ini sama-sama menggunakan chipset dari Mediatek. Jika Oppo F9 hadir dengan Mediatek Helio P60, Realme U1 dengan Mediatek Helio P70 yang terbaru dan tentunya lebih kencang.

Soal memori, Oppo F9 hadir dengan pilihan kapasitas RAM 4 GB dan 6 GB, sedangkan Realme U1 datang dengan dua pilihan RAM berkapasitas 3 GB dan 4 GB.

Pada skor AnTuTu, ponsel Oppo F9 sukses mencetak 140.100 sedangkan ponsel Realme U1 melaju lebih unggul dengan total skor 145.021.

2. Layar

Ponsel Oppo F9 hadir dengan IPS LCD berukuran 6.3 inci dengan resolusi 2280 x 1080 piksel. Punya ukuran layar yang sama, Realme U1 beresolusi 2340 x 1080 piksel.

Walaupun memiliki ukuran yang sama, Realme U1 jauh lebih unggul dengan resolusi besar.

Baca Juga : Review Asus Zenfone Max Pro M2, Smartphone Paket Komplit

Kualitas layar Oppo F9 dan Realme U1 ini bisa dibilang setingkat untuk urusan warna. Kecerahan maupun akurasi tidak jauh berbeda satu antara lain.

3. Kamera

Realme U1. (Realme Indonesia)
Realme U1. (Realme Indonesia)

Soal kamera selfie, Realme U1 dan Oppo F9 sama-sama memiliki resolusi sebesar 25 MP. Perbedaannya datang dari kamera belakang kedua ponsel ini.

Sama-sama menggunakan dual kamera, ponsel Oppo F9 dibekali kamera 16 MP dan 2 MP. Sedangkan Realme U1 menggunakan kamera beresolusi 13 MP dan 2 MP.

Baca Juga : Duel Smartphone Menengah, Ini Perbandingan Xiaomi Mi A2 Vs Huawei Nova 3i

Secara khusus, kamera Oppo F9 dibuat untuk memberikan efek bokeh super keren pada mode Potrait. Namun ponsel Realme U1 ini hadir dengan sensor kamera Sony IMX 576.

Dengan sensor kamera Sony IMX 576 yang diklaim mampu menghasilkan foto yang cerah, tajam, dan natural.

Kedua ponsel juga sama-sama dilengkapi dengan kecerdasan buatan, Realme U1 dan Oppo F9 diklaim mampu menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk ke kamera sesuai dengan kondisi cahaya yang ada.

Dalam urusan video, Oppo F9 jauh lebih unggul dengan fitur Slow-Motion 120 fps dibanding Realme U1 yang hanya menghasilkan video Slow-Motion 90 fps.

Untuk foto, kedua ponsel ini seperti tidak beda jauh dan sama-sama bagus. Namun untuk video Oppo F9 nampak sedikit lebih unggul dari Realme U1.

4. Baterai

Oppo F9. (Oppo)
Oppo F9. (Oppo)

Antara Realme U1 vs Oppo F9 dalam urusan baterai nampak setingkat kalau dilihat dari kapasitasnya saja. Keduanya memakai baterai berkapasitas 3.500 mAh.

Kapasitas baterai untuk Realme U1 dan Oppo F9 ini memang sama-samma cukup untuk dipakai seharian. Namun jika dilihat lebih teliti, akan berbeda.

Menggunakan chipset terbaru dari Mediatek, Realme U1 diklaim sangat hemat energi sebanyak 20 persen. Namun beukan berarti Oppo F9 kalah.

Baca Juga : Duel Snapdragon 660, Perbandingan Xiaomi Mi A2 vs Realme 2 Pro

Kelebihan Oppo F9 ada di pengisian daya yang sunguh cepat. Digadang-gadang hanya membutuhkan waktu 5 menit dan penggunanya sudah bisa melakukan panggilan telepon selama 2 jam.

5. Harga

Perbandingan harga Realme U1 dan Oppo F9 memang tidak seimbang. Realme U1 bisa berbangga dengan harga yang ditawarkannya.

Perangkat yang datang dengan kamera 25 MP dan chipset terbaru dari Mediatek ini dibanderol super murah, yaitu Rp 2.499.000 untuk varian RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Sedangkan ponsel Realme U1 varian RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, dibanderol dengan harga Rp 2.899.000.

Sedangkan ponsel Oppo F9 dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, Oppo F9 dibanderol dengan harga Rp 4.299.000. Dan versi RAM 6 GB dan memori internal 64 GB dijual dengan harga Rp 4.999.000.

6. Kesimpulan

Oppo F9 VS Realme U1. (Oppo/Realme)
Oppo F9 VS Realme U1. (Oppo/Realme)

Lalu Realme U1 vs Oppo F9 siapa yang jadi pemenangnya? Sama-sama menggunakan kamera 25 MP, benar-benar harus pikir matang antara dua ponsel ini.

Dengan kemampuan selfie lebih baik, layar beresolusi tinggi, dan harga terjangkau, pastinya Anda memilih ponsel Realme U1.

Namun jika ingin kombinasi kamera utama dan selfie yang sebanding, ponsel Oppo F9 jadi pilihan yang tepat.

Itulah perbandingan Realme U1 vs Oppo F9 yang serupa tapi beda luar dalam. Mana yang lebih Anda pilih? (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS