Salip Samsung, Oppo Jadi Nomor Satu di Negara Ini

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Salip Samsung, Oppo Jadi Nomor Satu di Negara Ini
Salah satu toko baru Oppo. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Oppo dilaporkan telah menyalip Samsung dan menjadi vendor smartphone nomor satu.

Suara.com - Oppo dilaporkan telah menyalip Samsung dan menjadi vendor smartphone nomor satu di Thailand. Hal tersebut terbukti dari data penjualan dari Canalys pada kuartal IV di tahun 2018 yang menunjukkan performa Oppo yang terus merangkak naik.

Penurunan yang dialami Samsung telah menjadi rahasia umum. Walau begitu, sebenarnya selisih pangsa pasar Samsung dan Oppo hanya berkisar sedikit.

Oppo dilaporkan berhasil meraih pangsa pasar sebanyak 22,2 persen dan mengungguli pangsa pasar Samsung yang meraih angka sebesar 21,1 persen.

Walau selisih angka tidak terlalu jauh, namun Oppo menunjukkan performa signifikan dari tahun ke tahun. Pangsa pasar Oppo berhasil tumbuh sebesar 69,8 persen Year on Year (YoY). Sementara itu, Samsung mengalami penurunan pangsa pasar sebesar 36,1 YoY.

Berdasarkan data dari Canalys, Huawei berhasil meraih angka pertumbuhan pasar tertinggi dengan angka 73,4 YoY. Sementara itu, Apple sepertinya harus bernasib serupa dengan Samsung karena mengalami penurunan pasar sebesar 52,2 persen YoY dan membuat Apple hanya meraih pangsa pasar sebesar 8,6 persen di Thailand.

Namun, meski vendor-vendor asal China tersebut mengalami penaikan yang signifikan, rupanya secara keseluruhan pangsa pasar smartphone di Thailand mengalami penurunan. Dilansir dari GSM Arena, dari kuartal IV di tahun sebelumnya, pangsa pasar Thailand turun sebesar 13,6 persen. Penurunan tersebut kemungkinan disebabkan masih banyak warga lokal yang enggan memperbarui smartphone mereka.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS