Xiaomi dan Oppo Kurangi Penggunaan NFC pada Smartphone

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Xiaomi dan Oppo Kurangi Penggunaan NFC pada Smartphone
Ilustrasi pembayaran menggunakan teknologi NFC pada smartphone. [Shutterstock]

Xiaomi dan Oppo dikabarkan akan mengurangi penggunaan NFC (Near Field Communication) pada produk smartphonenya.

Suara.com - Xiaomi dan Oppo dikabarkan akan mengurangi penggunaan NFC (Near Field Communication) pada produk smartphonenya. Namun, menurut Gizmochina, tak hanya Xiaomi dan Oppo melainkan LG dan Alcatel juga akan mengurangi penggunaan NFC.

Berdasarkan laporan dari ScientiaMobile, produsen smartphone seperti Xiaomi, Oppo, LG, dan Alcatel sering tidak memasang NFC pada produknya. Penurunan penggunaan NFC ini rupanya banyak ditemukan pada smartphone yang didesain untuk pasar Asia.

Pada tahun 2015, LG diketahui telah mengurangi penggunaan NFC menjadi 69 persen dan pada tahun 2018 menjadi 55 persen. Xiaomi pun mengurangi penggunaan NFC dari 11,9 persen menjadi 8,8 persen. Vendor Oppo sendiri diketahui mengalami penurunan penggunaan NFC paling besar, yaitu dari 28 persen menjadi 3 persen.

Disebutkan, smartphone kelas entry-level dan mid-range lebih cocok dipasarkan untuk wilayah Asia dan pengurangan penggunaan NFC ini sendiri juga dapat memangkas harga yang cukup signifikan.

Bahkan di negara seperti China dan India, QR Code lebih banyak digunakan dibandingkan dengan pemakaian NFC. Pembayaran seperti WeChat Pay, PayTM, UPI, dan Alipay memakai QR Code untuk negara tersebut.

Berbeda dengan Huawei, Motorola, HTC, Sony, dan Apple yang lebih memilih memakai NFC untuk produk mereka secara regional. Hal ini dikarenakan pemakaian NFC lebih banyak digunakan di dunia Barat dibandingkan dengan wilayah Asia. Hal tersebut yang mendasari Xiaomi dan Oppo untuk mengurangi NFC dalam produknya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS