Berkat Anggur, Peneliti Dapat Amati Plasma Matahari Buatan

Silfa Humairah Utami | Lintang Siltya Utami
Berkat Anggur, Peneliti Dapat Amati Plasma Matahari Buatan
Plasma matahari sederhana bisa diamati dengan microwave anggur. (Sumber: Shutterstock)

Bagaimana peneliti bisa amati plasma matahari buatan dengan bantuan anggur?

Suara.com - Berkat Anggur, Peneliti Dapat Amati Plasma Matahari Buatan.

Sekelompok peneliti di Trent University, Kanada, berhasil menemukan penjelasan sederhana mengenai fenomena plasma Matahari. Dengan bantuan buah anggur, para peneliti tersebut menempatkan anggur di dalam microwave bersuhu tinggi untuk menghasilkan semburan plasma.

Pertama-tama, buah anggur yang telah dipotong menjadi dua bagian dimasukkan ke dalam microwave dan akan menciptakan percikan api. Dari percikan api tersebut kemudian secara cepat akan menciptakan plasma, keadaan materi yang umumnya terlihat di Matahari.

Dilansir dari IFL Science, Dr Aaron Slepkov berhasil menjelaskan metode sederhana ini melalui sebuah jurnal Prosiding National Academy of Science. Slepkov menegaskan bahwa buah yang memiliki ukuran sama juga akan memberikan hasil yang serupa, bahkan manik-manik air hidrogel juga dapat bekerja dengan cara yang sama.

Slepkov juga menjelaskan bahwa terdapat rongga resonansi yang memusatkan medan elektromagnetik ke daerah sub-gelombang ekstrem. Secara sederhana, dijelaskan bahwa pembentukan plasma disebabkan oleh hotspot elektromagnetik.

Medan elektromagnetik itu muncul karena adanya resonansi di dua bagian anggur yang berinteraksi secara kooperatif. Ketika hotspot di setiap anggur cukup dekat dan panas, maka dapat memicu ionisasi ion natrium dan kalium di dalam buah sehingga menghasilkan plasma matahari. Meskipun buatan, namun dengan adanya penemuan dari metode sederhana ini, kini siapapun dapat mengamati plasma Matahari dengan mudah. (Rezza Dwi Rachmanta)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS