Sony Hentikan Produksi Playstation Vita di Jepang, Kenapa?

Silfa Humairah Utami | Tivan Rahmat
Sony Hentikan Produksi Playstation Vita di Jepang, Kenapa?
Ilustrasi Sony hentikan produksi Playstation Vita di Jepang. (Shutterstock)

Kenapa Sony hentikan produksi Playstation Vita di Jepang?

Suara.com - Sony Hentikan Produksi Playstation Vita di Jepang.

Sejak diluncurkan pada tahun 2011 lalu, Playstation Vita sukses menggeser keberadaan perangkat pendahulunya, PS Portable.

Meski begitu, hasil tersebut tidak cukup untuk membuat keputusan Sony berubah: produksi PS Vita di wilayah Jepang akan dihentikan.

Menurut laporan Zerolives pada Rabu (20/2/2019), konsol handheld sebenarnya memiliki potensi besar untuk mendominasi pasar. Namun, pihak Sony membuat konsol ini hanya terasa relevan di Jepang dan negara Asia saja.

Karena hanya menyesuaikan diri dengan konsumen di Asia, PS Vita pun kehilangan dukungan game eksklusif dari developer game di negara-negara Barat.

Sedangkan dalam laman resmi Playstation Jepang, Sony mengumumkan bahwa dua model PlayStation Vita PCH-2000 ZA11 (Black) dan PCH 2000 ZA23 (Aqua Blue) akan segera dihentikan produksinya dalam waktu dekat.

Mengenai posisi PS Vita sendiri, konsol game handled jni sebenarnya hingga tahun 2019 ini masih sejajar dan bahkan lebih laris dibandingkan Nintendo 3DS di Jepang.

Banyak developer lokal juga masih mengandalkannya sebagai platform utama untuk merilis game, namun sayangnya dukungan dari satu negara saja tidak akan cukup untuk mempertahankan eksistensi konsol ini.

Hal ini tentu saja berbanding terbalik dengan pencapaian kompetior, Nintendo, yang kian melesat dengan konsol Switch-nya.

Pasalnya, Nintendo rutin melakukan pembaruan terhadap konsolnya itu, termasuk menjalin kerjasama eksklusif dengan banyak developer game dari berbagai penjuru dunia. Sedangkan Sony mengandalkan satu negara hingga harus terpaksa hentikan produksi Playstation Vita di Jepang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS