Smartphone Baru Bermunculan, Pocophone F1 Masih Layak Dibeli di 2019?

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Smartphone Baru Bermunculan, Pocophone F1 Masih Layak Dibeli di 2019?
Pocophone F1 diluncurkan di Jakarta, Senin (27/8). [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Bagi yang masih ragu beli Pocophone F1 di 2019, baca ini dulu.

Suara.com - Smartphone Pocophone F1 baru saja dirilis Xiaomi pertengahan 2018 lalu, sejak pertama dikenalkan smartphone ini langsung menarik perhatian banyak orang. 

Pocophone F1 adalah smartphone murah dengan chipset flagship. Tak sekadar murah, smartphone ini juga banyak kelebihan yang bikin kaget.

Tak hanya chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang diusungnya. Smartphone ini juga memakai kamera dengan hasil foto mengagumkan, padahal hanya pakai sensor 12 MP.

Lalu baterai 4.000 mAh yang dianggap cukup besar untuk smartphone murah. Ditambah lagi dukungan fast charging melalui port USB type C.

Kapan lagi bisa mendapatkan smartphone murah di bawah Rp 5 jutaan sudah memakai chipset yang sama dengan smartphone flagship tahun lalu.

Smartphone Pocophone F1. (Pocophone Indonesia)
Smartphone Pocophone F1. (Pocophone Indonesia)

Namun semenjak hadirnya Pocophone F1 ini, banyak smartphone baru lainnya yang hadir dengan menawarkan performa dan harga yang cukup bersaing.

Dari Xiaomi Mi 8 Lite yang hadir dengan chipset lebih rendah tapi menawarkan kualitas kamera dan material yang lebih mewah.

Atau Redmi Note 7 yang segera hadir dengan desain kekinian dan kamera 48 MP. Ada pula Vivo V11 Pro dengan in-display fingerprint sensor.

Masih ada Realme 2 Pro dengan harga terjangkau tapi punya performa ngebut, atau Realme U1 yang menawarkan kamera selfie beresolusi tinggi.

Disusul Vivo V15 Pro yang hadir dengan kamera pop-up di depan. Atau Samsung Galaxy A7 dengan tiga kamera utama yang menghasilkan foto mengagumkan.

Pocophone F1. (Instagram/@pocophoneid)
Pocophone F1. (Instagram/@pocophoneid)

Beberapa smartphone ini memang tidak punya chipset Snapdragon 845, namun punya performa yang mumpuni untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile.

Namun smartphone baru tersebut menawarkan lebih banyak fitur menarik dibandingkan Pocophone F1. Punya kualitas kamera dan material body yang lebih premium.

Belum lagi dengan bermunculannya smartphone flagship yang masuk ke Indonesia seperti Samsung Galaxy S10 dan Huawei mate 20 membuat posisi Pocophone F1 terpepet.

Tak cukup itu, rumor kehadiran Pocophone F2 juga makin santer terdengar. Lalu masih layakkah beli Pocophone F2 di 2019 ini?

Jawabannya masih layak, tapi smartphone macam apa yang sedang kamu cari. Apakah kamu lebih mengutamakan spesifikasi di banding fitur?

Pocophone F1. (Xiaomi)
Pocophone F1. (Xiaomi)

Pocophone F1 hadir memang untuk mereka yang lebih mengincar smartphone dengan spesifikasi tinggi berharga murah. Atau smartphone murah dengan performa flagship.

Namun sebagai gantinya, kamu mengesampingkan material body yang dipakai. Dan kualitas layar yang jauh dibandingkan smartphone flagship.

Dari segi performa, chipset Snapdragon 845 ini masih lebih unggul dari chipset kelas menengah terbaru Snapdragon 710. Bahkan belum ada chipset MediaTek yang bisa menyainginya.

Apalagi kalau kamu memilih Pocophone F1 versi RAM 6 GB. Kapasitas RAM sebesar ini masih layak untuk dipakai bahkan sampai beberapa tahun ke depan.

Kini kamu bisa beli Pocophone F1 versi RAM 6 GB + 128 GB seharga Rp 4.999.000 dan versi RAM 6 GB + 64 GB seharga Rp 4.5999.000 di Xiaomi Indonesia.

Dengan harga seperti ini, nampaknya tak salah kalau menjadikan Pocophone F1 pilihan terbaik untuk smartphone di bawah Rp 5 juta.

Namun dengan catatan, Anda mencari smartphone dengan performa terbaik namun mengabaikan sejumlah fitur yang tidak hadir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS