Google Wing Luncurkan Layanan Pengiriman Drone di Australia

Silfa Humairah Utami | Tivan Rahmat
Google Wing Luncurkan Layanan Pengiriman Drone di Australia
Ilustrasi layanan pengiriman drone di Australia yang diluncurkan Google[shutterstock]

Bagaimana layanan pengiriman drone di Australia yang diluncurkan Google?

Suara.com - Google Wing Luncurkan Layanan Pengiriman Drone di Australia

Perusahaan pengiriman drone milik induk Google Alphabet, Wing, baru-baru ini meluncurkan layanan pengiriman drone pertama untuk publik di Canberra, Australia.

Layanan tersebut berjalan setelah otoritas penerbangan Australia memberikan persetujuan pengaturan.

Sekitar 100 rumah di pinggiran kota Crace, Palerston, dan Franklin, awalnya akan memiliki akses ke layanan tersebut. Namun dalam beberapa bulan, perusahaan ini berencana akan memperluas ke rumah-rumah di Harrison dan Gungahlin.

Dilansir dari The Verge, layanan pengiriman ini bekerja sama dengan mitra bisnis lokal termasuk kedai kopi hingga apotek untuk mengirimkan produk mereka dengan drone hanya dalam hitungan menit. Meski begitu, persetujuan peraturan drone ini memiliki batasan seperti pelarangan terbang di atas jalan utama.

Layanan drone pengantar barang tersebut hanya diizinkan terbang antara pukul 07:00 dan 10:00 pada hari Senin hingga Jumat atau antara pukul 08:00 hingga 20:00 pada hari minggu. Tak hanya itu, drone tersebut juga dilarang terbang terlalu dekat dengan orang. Bahkan, pelanggan di rumah yang memenuhi syarat juga akan diberi pengarahan tentang berinteraksi dengan drone.

Perusahaan memperkirakan pengiriman dengan drone dapat bernilai hingga 40 juta dolar atau sekitar Rp 500 miliar. Wing diketahui menjadi perusahaan penuh di bawah payung perusahaan Alphabet pada tahun lalu.

Dikabarkan, pada bulan Desember mendatang Google Wing akan meluncurkan layanan uji coba serupa di Finlandia dengan penawaran pengiriman 10 menit secara gratis di Australia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS