BNPB: Tsunami di Banggai Cuma Hoaks

Liberty Jemadu
BNPB: Tsunami di Banggai Cuma Hoaks
Sejumlah warga berlindung di sebuah bangunan di bukit seusai gempa 6,9 SR melanda Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019). [Antara/Stevan Pontoh]

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tak ada tsunami di Luwuk, ibu kota Kepulauan Banggai.

Suara.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan bahwa kabar adanya tsunami di Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah setelah gempa 6,9 skala Richter pada Jumat (12/4/2019) cuma hoaks belaka.

"Beredar banyak hoaks tentang tsunami di Banggai. Mohon untuk tidak ikut-ikutan menyebarkan hoaks," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitter-nya.

Sutopo juga mengatakan bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang awalnya mengeluarkan peringatan dini tsunami, sudah mengakhiri peringatan tersebut.

Lebih lanjut Sutopo membeberkan bahwa berdasarkan laporan dari relawan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tak ada tsunami di Luwuk, ibu kota Kepulauan Banggai.

"Ayo jangan ikut-ikutan menyebarkan hoaks. Kasihan warga yang tambah panik," imbau Sutopo.

Gempa berkekuatan 6,9 skala Richter mengguncang Kepulauan Banggai pada Jumat malam. Akibat gempa itu, BMKG mengumumkan peringatan dini tsunami. Sekitar sejam kemudian peringatan dini itu dicabut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS