XL Axiata Perkuat Jaringan Data di Pulau Borneo

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
XL Axiata Perkuat Jaringan Data di Pulau Borneo
Head of Customer Experience Management XL Axiata, Ahmad Hamzah (kanan) bersama dengan team XL Axiata memantau kesiapan jaringan dan trafik XL Axiata jelang Pilpres 2019 di ruang monitoring Customer Experience and Service Operation Center XL Axiata di Jakarta, Minggu (14/4/2019) [XL Axiata]

Rencana perluasan XL Axiata akan dilangsungkan di Kalimantan Barat dan Utara.

Suara.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sedang mengembangkan jaringan data 4G LTE di Pulau Kalimantan. Keputusan ini adalah bentuk lanjutan dari permintaan layanan data di Borneo yang kian meningkat.

Ilustrasi jaringan XL Axiata. [XL Axiata]
Ilustrasi jaringan XL Axiata. [XL Axiata]

Dalam keterangan resminya, XL mencatat adanya peningkatan trafik data dari tahun ke tahun, seperti dalam setahun terakhir meningkat sekitar 43 persen. Untuk tahun ini sendiri, rencana perluasan jaringan XL akan memasuki wilayah di Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

Selain itu, sebagai bagian dari rencana itu, XL Axiata juga akan membangun jaringan 4G melalui program Universal Service Obligation (USO) yang difokuskan di area-area pedalaman yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

"Selain aspek bisnis, visi kami dalam memperluas jaringan data ke berbagai wilayah Kalimantan adalah mendukung percepatan pembangunan. Kami ingin ikut berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah memajukan wilayahnya," jelas Group Head XL Axiata Jabodetabek dan Kalimantan Region, Bambang Parikesit.

Bambang Parikesit melanjutkan, pada 2019 XL Axiata akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil di Kalimantan.

Dengan adanya perluasan ini, jaringan data XL Axiata telah menjangkau sekitar 54 kota atau kabupaten atau lebih dari 96 persen populasi Kepulauan Kalimantan dengan didukung lebih dari 7.000 BTS, termasuk lebih dari 5.400 BTS data (3G/4G). Selain itu, pembangunan infrastruktur jaringan ini juga didukung kabel serat optik antardaerah.

Sebagai informasi, saat ini jaringan data XL Axiata telah tersedia di 9 kota atau kabupaten di Kalimantan Timur yang didukung lebih dari 2000 BTS. Khusus jaringan 4G LTE, sudah masuk ke 7 kota atau kabupaten, dengan lebih dari 650 BTS.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS