Wah, HongMeng Bukan OS untuk Ponsel? Begini Paparannya

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat
Wah, HongMeng Bukan OS untuk Ponsel? Begini Paparannya
Logo Huawei [Shutterstock].

Untuk ponsel, Huawei gunakan Android. Karena HongMeng sejatinya untuk peruntukan ini.

Suara.com - Huawei sudah lama dilaporkan sibuk mengembangkan sistem operasi baru yang diberi nama HongMeng, yang konon dipersiapkan untuk menggantikan OS Android besutan Google.

Ilustrasi Android ditinggal Huawei, Xiaomi, dan Oppo. (HiTekno.com/ Iqbal)
Ilustrasi Android ditinggal Huawei, Xiaomi, dan Oppo. (HiTekno.com/ Iqbal)

Namun, ide itu sepertinya mendapatkan revisi. Menurut Senior Vice President Huawei, Catherine Chen, HongMeng tidak didesain untuk ponsel. Untuk ponsel sendiri, raksasa teknologi asal China itu masih akan menggunakan Android.

Tak hanya Chen, petinggi lainnya juga menegaskan hal ini. Chairman Huawei Liang Hua pada pekan lalu mengatakan bahwa pihaknya belum menentukan perangkat apa saja yang didukung oleh OS HongMeng.

"(Huawei) belum memutuskan apakah OS HongMeng bisa dikembangkan sebagai sistem operasi ponsel di masa depan," kata Liang seperti dilansir dari The Verge pada Minggu (21/7/2019).

Bahkan, Liang seperti menyiratkan bahwa nantinya HongMeng akan digunakan untuk sistem operasi pada perangkat Internet of Things (IoT). "Itu (HongMeng) untuk penggunaan industri," ujarnya.

Dua pernyataan petinggi Huawei ini tentu bertolak belakang dengan laporan sebelumnya. Pada Juni 2019, ketika Huawei masih diterpa sanksi dagang oleh pemerintah Amerika Serikat, mereka dikabarkan telah mendaftarkan merek HongMeng yang dikategorikan OS multiplatform, dua di antaranya adalah ponsel dan tablet.

Sedangkan kabar lainnya mengatakan bahwa OS HongMeng juga tengah diuji oleh sejumlah vendor ponsel asal China, termasuk Oppo, Xiaomi, dan Vivo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS