Liputan Khas

KHAS adalah sajian beragam artikel dengan topik-topik menarik hasil liputan khusus/khas dari tim redaksi Suara.com.

Transformasi Channel YouTube Kimi Hime, Sejak Awal Hingga Dipanggil Kominfo

Agung Pratnyawan
Transformasi Channel YouTube Kimi Hime, Sejak Awal Hingga Dipanggil Kominfo
Kimi Hime dari masa ke masa. (HiTekno.com/ Ema Rohima)

Kimi Hime yang dulu, tak seperti yang fenomenal sekarang.

Suara.com - Youtuber ternama, Kimi Hime sedang ramai jadi perbincangan masyarakat. Pasalnya channel YouTube miliknya sedang dalam pemantauan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Beberapa konten video Kimi Hime di YouTube telah kena blokir Kominfo. Beberapa video Kimi Hime menjadi kontroversi karena dianggap terlalu 'terbuka'.

Tak hanya itu, Kominfo juga telah mengundang Kimberly Khoe untuk membahas konten video miliknya. Dan ia telah mengirimkan tim kuasa hukum untuk bertemu Kominfo (29/7/2019).

Rencananya, Youtuber gaming ini juga dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Menkominfo Rudiantara dalam waktu dekat.

Namun tahukah Anda, seperti apa awal-awal ia memulai channel YouTube ini? Apakah Anda tahu Kimi Hime hanya beberapa hari terakhir ini saja?

Kimi Hime telah memulai mengunggah video di YouTube sejak 2017. Namun channel YouTube ini telah dibuatnya sejak 2012 yang lalu.

Sejak 2017, sudah lebih dari 400 video telah diunggahnya ke YouTube. Sebagian besar terkait dengan game-game yang sedang populer dan dimainkannya.

Baca Juga : Berapa Pendapatan Kimi Hime dari YouTube? Ternyata Fantastis!

Melihat perkembangan channel YouTube Kimi Hime ini telah mengalami banyak perubahan. Dai awal yang masih ribuan subscribers, hingga tembus ratusan bahkan jutaan subscribers.

Mari kita simak seperti apa transformasi channel YouTube fenomenal satu ini. Karena perkembangan video-video di dalamnya, sangatlah kontras.

1. Masa-masa awal di YouTube (2017)

Thumbnail Kimi Hime di awal-awal. (YouTube/ Kimi Hime)
Thumbnail Kimi Hime di awal-awal. (YouTube/ Kimi Hime)

Video terlama yang ada di channel YouTube Kimi Hime diunggahnya dua tahun lalu, atau tepatnya pada 2 Aril 2017. Video ini berisikan vlog ia jalan-jalan.

Beberapa video awal Kimi Hime lebih berisi soal vlog traveling. Juga beberapa event yang didatangi cewek cantik kelahiran Jakarta 4 Januari 1990.

Jika dilihat, thumbnail video-video Kimi Hime satu tahun lalu tersebut sangatlah kontras berbeda seperti yang kita kenal saat ini.

2. Masa-masa eSports (2018)

Thumbnail video lama Kimi Hime. (YouTube/Kimi Hime)
Thumbnail video lama Kimi Hime. (YouTube/Kimi Hime)

Seiring perkembangan dan popularitas eSports yang melejit di Indonesia, Kimi Hime juga ikut terjun meramaikan. Ia sering mengunggah video tentang Mobile Legends.

Diikuti Youtuber gaming ini melakukan casting sendiri pada live streaming pertandingan eSports. Terutama Mobile Legends, yang kala itu sedang naik daun.

Di akhir 2017 dan awal 2018, Kimi Hime sangat dengan dengan dunia eSports. Terutama karena ia melakukan casting pada pertandingan eSports secara live streaming di YouTube.

Baca Juga : Selain PUBG Mobile, Ini 4 Game Populer yang Dimainkan Kimi Hime

Tak hanya itu, ia juga mendapat kesempatan mewawancarai beberapa atlet eSports DOTA 2. Termasuk Dendi dan Arteezy yang sangat legendaris di game DOTA 2.

Kimi Hime juga mulai merambah game lain, dari Rules of Survival hingga Onmyoji Arena. Bahkan ia mendapatkan peringkat kedua di SEA Onmyoji Arena ASEC Championship.

3. Masa-masa melejit jumlah view dan subscriber (2019)

Thumbnail video Kimi Hime di YouTube. (YouTube/Kimi Hime)
Thumbnail video Kimi Hime di YouTube. (YouTube/Kimi Hime)

Pada Juni 2018, Kimi Hime mengunggah video unboxing Silve Play Button dari YouTube. Ini didapatkannya sebagai rewards karena channel YouTube miliknya tembus 100 ribu subscribers.

Sejak Agustus 2018, Kimi Hime mulai memakai judul lebih 'kreatif' dengan thumbnail yang unik. Namun tak berselang lama, berubah jadi yang seperti banyak diomongkan orang.

Sekitar pada November 2018, channel YouTube gaming ini mulai memakai thumbnail dan judul lebih 'berani' untuk memancing penonton.

Baca Juga : Ini Bakat Terpendam Kimi Hime yang Jarang Diketahui Orang

Di masa-masa ini pula, banyak video Kimi Hime yang tembus jutaan view. Bahkan sampai di-notice dua YouTuber ternama, Deddy Corbuzie dan Anji.

4. Golden Play Button

Kimi Hime dengan Golden Play Button dari YouTube. (Instagram/ @kimi.hime)
Kimi Hime dengan Golden Play Button dari YouTube. (Instagram/ @kimi.hime)

Channel YouTube ini juga mengalami peningkatan jumlah subscribers yang sangat signifikan awal 2019. Bahkan tembus dari jutaan subscribers.

Puncaknya pada 17 April 2019, Kimi Hime memamerkan Golden Play Button yang didapatkannya sebagai pemilik channel YouTube dengan lebih dari 1 juta subscribers.

Dengan senyum berseri-seri, Youtuber gaming ini mengunggah foto bersama Golden Play Button tersebut di akun Instagram @kimi.hime.

Pencapaian Kimi Hime tidak berhenti di sini, bahkan ia mencatatkan lebih dari 2,2 juta subscriber pada Agustus 2019.

4. Pasca 'di-notice' Kominfo

Channel YouTube Kimi Hime. (YouTube/ Kimi Hime)
Channel YouTube Kimi Hime. (YouTube/ Kimi Hime)

Setelah mendapatkan pelaporan, Kominfo bertindak untuk menertibkan konten video Kimi Hime secara bertahap. Di mulai dari undangan, hingga akhirnya pemblokiran konten.

Beberapa konten video Kimi Hime akhirnya telah terblokir atas permintaan Kominfo. Tiga di antaranya tidak dapat diakses dari Indonesia (24/7/2019).

Menyikapi ini, pihak Kimi Hime juga telah melakukan self-censorship dengan menutup beberapa video yang telah diunggah sebelumnya.

Tercatat setidaknya ada 60 video yang telah hilang dari channel YouTube Kimi Hime. Ini dilakukan secara sadar oleh pihak Kimi Hime sendiri.

Baca Juga : Puluhan Video Kimi Hime Lenyap dari YouTube, Kenapa?

Pasca ramai-ramai menjadi sorotan, Kimi Hime pun merubah dandanannya ketika melakukan live streaming di Facebook (26/7/2017). Ia tampil tak seperti yang sebelumnya.

Youtuber gaming ini kini tampil dengan lebih 'tertutup' tak seperti beberapa bulan kemarin. Meski begitu, ia tetap mendapatkan banyak view di live streaming.

Pendapatan Channel YouTube Kimi Hime

Gamer cantik Kimi Hime. (Instagram/@kimi.hime)
Gamer cantik Kimi Hime. (Instagram/@kimi.hime)

Melihat perkembangan yang pesat ini, pasti penasaran dengan pendapatan yang dicatatkan selama ini. Dengan jumlah jutaan subscribers dan jutaan view, pasti banyak dong penghasilannya.

Hasil penelusuran HiTekno.com, tiap harinya channel YouTube Kimi Hime mendapatkan ratusan ribu view. Bahkan dari situs analisis Socialblade, rata-rata view hariannya bisa lebih dari 300 ribu view.

Jumlah view ini terus bertambah karena tiap harinya, Kimi Hime mendapatkan penambahan subscriber. Bahkan rata-rata tiap hari, ia mendapatkan penambahan 4 ribu subscriber baru.

Dari data-data di atas, juga bisa diperkirakan berapa pendapatan Kimi Hime dari iklan di YouTube tersebut. Pastinya penasarankan?

Baca Juga : Sebulan Raup Miliaran Rupiah, Segini Pendapatan Ria Ricis dari YouTube

Socialblade memperkirakan pendapatan Kimi Hime perbulan antara 2,4 ribu dolar AS atau Rp 33,6 juta hingga 38,8 ribu dolar AS atau Rp 543 jutaan.

Estimasi pendapatan Kimi Hime di YouTube. (socialblade)
Estimasi pendapatan Kimi Hime di YouTube. (socialblade)

Sedangkan menurut Noxnifluencer, estimasi atau perkiraan pendapatan Kimi Hime dari iklan YouTube sekitar 17,9 ribu atau Rp 250 juta perbulan.

Namun itu masih estimasi pendapatan yang dihitung berdasarkan statistik view yang didapatkan channel YouTube Kimi Hime.

Estimasi pendapatan Kimi Hime di YouTube. (noxinfluencer)
Estimasi pendapatan Kimi Hime di YouTube. (noxinfluencer)

Di luar pendapatan dari iklan di YouTube, cewek cantik ini juga masih punya sumber lain. Yaitu dari pengiklan langsung atau endorsement.

Seperti diketahui, beberapa video Youtuber cantik ini mendapatkan sponsorship dari beberapa brand yang langsung mengiklan kepadanya.

Pendapatan dari endorsement tidaklah kalah besar dibandingkan iklan yang ditayangkan YouTube dalam video mereka.

Baca Juga : 10 Fakta Kimi Hime, Gamer Cantik dengan Fans Segudang

Itulah transformasi channel YouTube Kimi Hime yang fenomenal ini. Dari awal yang sangat gaming sekali, hingga akhirnya di-notice Kominfo. (HiTekno.com).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS