facebook

Baterai Ponsel Tiba-tiba Habis? Aplikasi Google Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Agung Pratnyawan
Baterai Ponsel Tiba-tiba Habis? Aplikasi Google Ini Bisa Jadi Penyebabnya
Ilustrasi mengisi ulang baterai ponsel pintar Samsung (Shutterstock).

Segera cek ponsel Android Anda sekarang.

Suara.com - Apakah baterai ponsel Anda tiba-tiba habis, atau akhir-akhir ini terasa boros? Padahal sudah mengaktifkan mode hemat daya, namun terus saja terkuras.

Jangan buru-buru menyalahkan baterai ponsel boros karena sudah bocor atau ngedrop. Bisa jadi karena ada masalah di sisi software.

Karena telah ditemukan sebuah bug dari aplikasi Google yang ternyata bikin baterai terus terkuras. Aplikasi ini adalah Google Play Services 18.3.82.

Google Play Services adalah pusat layanan Google di ponsel Android. Dari fitur push notifikasi, proses background, dan banyak lainnya ditangani aplikasi Google ini.

Baca Juga: Baterai Ponsel Habis Saat Main PUBG Mobile, Pria Tusuk Adik Ipar

Diwartakan Android Police, temuan bug di Google Play Services ini menyebabkan daya baterai ponsel lebih banyak tersedot meski dalam keadaan stan by.

Baca Juga : 5 Tips Menghemat Baterai Ponsel Android saat Mati Listrik Lagi

Parahnya Google Play Services jadi aplikasi penting di ponsel Android, dan digunakan hampir semua ponsel Android dengan layanan Goole.

Sehingga dampak dari bug aplikasi Google ini bisa mempengaruhi banyak ponsel. Mungkin termasuk ponsel Android yang Anda gunakan.

Aplikasi Google Play Services. (Twitter/ ArtemR)
Aplikasi Google Play Services. (Twitter/ ArtemR)

Untuk melihat apakah ponsel Anda terkena bug ini, bisa dicek lewat menu setting. Lalu buka menu baterai dan cari opsi Show full device usage pada titik tiga di pojok kanan atas.

Baca Juga: Waspadai Sembilan Aplikasi Pintar Ini Bisa Hisap Habis Baterai Ponsel

Akan ditampilkan aplikasi mana yang paling banyak mengkonsumsi daya di ponsel. Jika Anda temukan Google Play Service berada di peringkat tinggi, itulah penyebabnya.

Komentar