alexametrics

Terungkap! Kelebihan eSIM di Mata Operator

Dythia Novianty
Terungkap! Kelebihan eSIM di Mata Operator
Upgrade eSIM Smartfren. [Suara.com/Dythia Novianty]

Layanan Embedded Sim Card (eSIM) akan segera disosialisasikan penggunaannya di Indonesia.

Suara.com - Layanan Embedded Sim Card (eSIM) akan segera disosialisasikan penggunaannya di Indonesia. PT Smartfen Telecom (Smartfren) menjadi operator telekomunikasi Indonesia yang sudah merilis secara resmi layanan eSIM, yang ternyata memiliki banyak kelebihan di mata operator.

"Biaya yang dikeluarkan untuk satu buah kartu SIM (sim card) yang siap pakai hingga di tangan konsumen itu tidak murah," ujar Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys yang ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan bahwa untuk memproduksi satu buah kartu SIM fisik menelan biaya minimal Rp 15 ribu. Nilai itu belum termasuk proses distribusi dan lainnya hingga bisa digunakan di tangan konsumen.

"Jika digunakan eSIM dengan dukungan banyak perangkat yang mumpuni, total biaya produksi kartu SIM akan semakin efisien. Dipangkasnya bisa lebih dari 80 persen. Jika semua operator memanfaatkan eSIM, maka tidak diperlukan lagi kartu SIM," bebernya.

Baca Juga: XL Axiata Buka Suara Soal Persiapan eSIM

Sehingga, Merza menambahkan bahwa penggunaan eSIM bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk produksi kartu SIM fisik yang dikeluarkan operator telekomunikasi.

Sayang, hingga kini baru Smartfren yang sudah merilis eSIM untuk para pelanggannya di Indonesia, tepatnya pada akhir JUli 2019 lalu. Dia pun berharap, jejak perusahaan telekomunikasi satu ini akan diikuti operator lainnya di Indonesia.

"Sangat mungkin semua operator memakai eSIM. Namun karena sekarang hanya iPhone (seri XS) yang mendukung eSIM, jadi belum ada yang mau," tutur Merza.

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys saat temu wartawan di Jakarta, belum lama ini. [Suara.com/Dythia Novianty]
Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys saat temu wartawan di Jakarta, belum lama ini. [Suara.com/Dythia Novianty]

Buat Anda yang belum memiliki eSIM, dengan tetap menggunakan nomor yang sama, cukup datang ke program trade in. Proses upgrade ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Pelangga cukup membawa iPhone yang sudah memiliki fitur eSIM, seperti iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS, dan iPhone XE Max. Aktivasi eSIM dilakukan melalui kode QR khusus.

Baca Juga: Kekinian, Smartfren Hadirkan Teknologi eSIM Pertama di Indonesia

Sementara ini, pengguna eSIM akan mendapatkan kuota internet hingga 90 GB selama 1 tahun. Untuk bisa menikmati paket tersebut, pelanggan harus merogoh kocek Rp 180 ribu.

Komentar