Cara Atur Privasi dan Verifikasi Dua Langkah di Keluarga Besar Facebook

Vania Rossa | Lintang Siltya Utami
Cara Atur Privasi dan Verifikasi Dua Langkah di Keluarga Besar Facebook
Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]

Facebook melakukan sosialisasi cara mengatur privasi dan verifikasi dua langkah di Facebook, Whatsapp, dan Instagram.

Suara.com - Facebook melakukan sosialisasi mengenai privasi dan keamanan data serta akun pengguna saat menggunakan media sosial dari keluarga besar Facebook, seperti WhatsApp dan Instagram.

"Pengaturan privasi ini bertujuan agar pengguna dapat melihat dan meninjau kepada siapa saja mereka bertukar informasi ataupun konten," ucap Noudhy Valdryno, Manajer Kampanye Kebijakan Facebook Indonesia, dalam acara pembukaan Facebook Cafe di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Di Facebook sendiri, untuk melihat pengaturan privasi, pengguna dapat mengaksesnya melalui aplikasi. Pada bagian pojok kanan bawah terdapat ikon tiga baris, lalu pilih Settings & Privacy > Privacy Shortcut > See More Pivacy Settings. Pada halaman tersebut akan ditampilkan semua fitur privasi Facebook bisa diatur oleh pengguna.

Pada halaman Privacy Shortcut juga memiliki menu Your Facebook Information yang akan menampilkan situs dan aplikasi apa saja yang menggunakan Facebook untuk login.

Sementara, pengaturan privasi untuk WhatsApp dapat diakses melalui Settings > Account > Privacy. Dari sana, pengguna dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat informasi pribadi, mengatur fitur Terakhir Dilihat, status, laporan dibaca, hingga lokasi terkini.

Sedangkan untuk pengaturan privasi di Instagram, pengguna dapat membuka menu Settings > Privacy. Pengguna dapat mengatur fitur komentar, tagar, cerita, hingga privasi akun.

Selain pengaturan privasi, ketiga platform tersebut juga menyediakan fitur yang berfungsi untuk menjaga keamanan akun yang disebut verifikasi dua langkah. Fitur ini menjadi salah satu cara untuk menghindari peretasan dan phising.

Untuk mengaksesnya di WhatsApp, pengguna dapat membuka menu Settings > Account > pilih Two Steps Verification atau verifikasi dua langkah. Dari sana pengguna dapat menekan tombol Aktifkan untuk mengaktifkannya.

Sementara, di Instagram untuk mengaksesnya melalui Profile dengan melihat Pengaturan Privasi. Cukup buka Settings > Security > lalu pilih autentikasi dua faktor atau verifikasi dua langkah.

Sedangkan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di platform Facebook, pengguna dapat membuka Settings & Privacy > Privacy Shortcut > di bagian Account Security pilih menu verifikasi dua langkah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS