Tahun Ini Tercatatkan 12 Peserta Rasakan Pelatihan Khusus Facebook

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Tahun Ini Tercatatkan 12 Peserta Rasakan Pelatihan Khusus Facebook
Facebook menggelar Facebook Indonesia Summit 2019 di Jakarta, Rabu (16/10/2019). [Suara.com/Lintang Siltya Utami]

Facebook Indonesia mendorong keahlian berinternet masyarakat melalui kampanye Laju Digital.

Suara.com - Facebook Indonesia mendorong keahlian berinternet masyarakat melalui kampanye Laju Digital. Kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital pelaku UKM, komunitas hingga pemerintah di era digital dengan memanfaatkan media sosial ini telah dilaksanakan sejak September 2018.

Dilakukan di sembilan kota di wilayah Indonesia Timur dan tujuh kota di wilayah Indonesia Barat, kampanye tersebut berakhir di Mataram pada 10 Oktober 2019. Kampanye Laju Digital ini sendiri diisi dengan seminar dan pelatihan gratis.

"Semua program di bawah kampanye Facebook Laju Digital tersedia tanpa dipungut biaya untuk seluruh lapisan masyarakat dengan berbagai tingkat keterampilan digital yang berbeda," ucap Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia.

Untuk pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan menengah sendiri membantu para wirausaha menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnis. Sementara untuk instansi pemerintah, pelatihan Facebook membahas berbagai fitur dan strategi di Facebook disertai dengan contoh dan praktik penggunaan media sosial bagi pemerintah dalam berhubungan dengan masyarakat.

Sedangkan bagi komunitas, pelatihan yang diberikan Facebook memaparkan tahapan-tahapan untuk organisasi nirlaba dalam membangun komunitasnya melalui media sosial. Terlepas dari kampanye ini, dalam lingkup komunitas pun Facebook sendiri memiliki Program Ekosistem Hub yang dibangun untuk komunitas sosial dan komunitas industri teknologi di Indonesia. Program tersebut mencakup Ruang Komunal Indonesia dan Lab Innovation Indonesia.

Logo Facebook Indonesia. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]
Logo Facebook Indonesia. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Tak hanya itu, kampanye ini juga menyasar para pelajar SMA atau SMK untuk meningkatkan literasi digital generasi muda. Tercatat sebanyak lebih dari 11 ribu pelajar telah mengikuti program literasi digital Facebook sejak tahun 2016.

Hingga pada pertengahan 2019, kampanye Facebook Laju Digital sendiri telah memberikan pelatihan bagi lebih dari 12 ribu peserta di 16 kota di seluruh Indonesia. Adapun komunitas atau instansi pemerintah yang terlibat dalam kampanye ini mencakup Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Relawan TIK, Siberkreasi, Center for Digital Society Universitas Gajah Mada, YCAB Foundation, dan Kantor Staf Presiden Republik Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS