alexametrics

Gandeng Valve, Apple Siap Hadirkan Headset AR

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Gandeng Valve, Apple Siap Hadirkan Headset AR
Toko Apple di Hangzhou, China. [AFP]

Apple siap menghadirkan headset AR.

Suara.com - Apple bekerja sama dengan pengembang sekaligus penerbit game, Valve, untuk menciptakan headset AR. Menurut laporan yang didapat dari DigiTimes, Apple juga bekerja sama dengan pemasok Pegatron dan Quanta Computer untuk perakitan headset.

Analis Apple Ming Chi Kuo mengatakan bahwa headset AR tersebut diharapkan akan selesai pada paruh kedua 2020 mendatang. Kuo juga menyebutkan bahwa headset AR akan dirilis sebagai bagian dari aksesori iPhone.

Sebelumnya, kode iOS 13 yang ditemukan 9to5Mac pada September lalu menyebutkan bahwa adanya sistem plugin yang akan memungkinkan iPhone terhubung dengan headset AR melalui ekstensi aplikasi.

Melihat hal tersebut, Apple mungkin tidak hanya menyiapkan headset AR tetapi sesuatu yang lebih besar seperti game AR sendiri.

Baca Juga: Advan Nasa Meluncur, Andalkan Kelancaran Bermedia Sosial Cuma Rp 700 Ribuan

Meski begitu, Valve tampaknya tidak akan membuat game khusus untuk headset AR ini. Disebut game akan didistribusikan melalui Steam.

Ilustrasi Valve Corporation. [Shutterstock]
Ilustrasi Valve Corporation. [Shutterstock]

Kerja sama yang terjalin antara Apple dan Valve ini tampaknya didasari dengan kepercayaan CEO Tim Cook yang optimis bahwa AR dapat membuat konten digital dan menjadi populer.

Dilansir laman Games Radar, ini bukan kali pertama Apple dan Valve melakukan kolaborasi. Dua tahun lalu, Valve menggunakan dukungan VR Apple untuk menawarkan SteamVR beta khusus untuk perangkat Mac.

Komentar