facebook

Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai pada Android 10

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai pada Android 10
Android 10 Go Edition. Sebagai ilustrasi [Android]

Ada beberapa langkah jitu agar baterai awet. Ini tips untuk Android 10.

Suara.com - Meski pembaruan Android 10 belum diluncurkan ke semua jenis smartphone, tetapi sistem operasi Android generasi terbaru ini memiliki serangkaian fitur yang bisa disesuaikan untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Fitur Android 10. [Android]
Fitur Android 10. [Android]

Dilansir dari Android Central, berikut cara memaksimalkan masa pakai baterai smartphone dengan beberapa perubahan sederhana pada Android 10:

1. Google Pixel dan Android One

Pastikan fitur Adaptive Battery diaktifkan

Baca Juga: Bicara Reli Dakar, Ingatan Selalu Melayang pada Jutta Kleinschmidt

Fitur baterai adaptif ini akan memonitor penggunaan baterai di ponsel Android. Adaptive Battery mengunakan on-device machine learning untuk mencari tahu aplikasi apa saja yang akan dipakai pengguna dalam beberapa jam mendatang dan aplikasi mana saja yang tidak digunakan nanti. Untuk mengaktifkannya, buka Settings > Battery > Adaptive Battery > aktifkan toggle.

Gunakan mode Battery Saver

Dengan mode Battery Saver yang aktif, smartphone Android akan membatasi kerja aplikasi sehingga pengguna dapat menghemat penggunaan baterai perangkat.

Jika pengguna tidak ingin mode Battery Saver dihidupkan terus-menerus, pengguna dapat mengaturnya untuk dihidupkan secara otomatis pada persentase baterai tertentu. Pengaturan default menetapkan angka baterai 15 persen, tetapi mengguna dapat mengaturnya menjadi 5 persen dan 75 persen.

Ubah pengaturan Always On Display

Baca Juga: 5 Hits Otomotif Pagi: Evakuasi Banjir, Vanessa Angel Pakai Seatbelt

Tanpa sadar, fitur Always On Display juga bisa menguras masa pakai daya baterai. Karenanya, pengguna harus mengubah pengaturan dan menonaktifkannya jika tidak diperlukan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar