Cara Mengkustomisasi Jenis Huruf di Android

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Mengkustomisasi Jenis Huruf di Android
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

Sebagian besar smartphone Android memungkinkan pengguna mengubah jenis huruf dan melakukan kustomisasi.

Suara.com - Sebagian besar smartphone Android memungkinkan pengguna mengubah jenis huruf dan melakukan kustomisasi. Ini akan membuat ponsel Android lebih personal bagi para penggunanya karena dapat berkreasi dengan estetika perangkat.

Dilansir dari Make Tech Eaiser, berikut cara mengkustomisasi jenis huruf di Android:

1. Mengubah jenis huruf dari perangkat

Meski beberapa perangkat memiliki cara masing-masing dalam mengubah jenis huruf, tetapi umumnya pengaturan tersebut bisa ditemukan di menu Tampilan atau Aksebilitas.

Sebagian vendor smartphone umumnya telah menyertakan beberapa jenis huruf pra-instal. Untuk mengubahnya, buka Pengaturan > Tampilan > pilih Ukuran dan gaya jenis huruf.

Dari menu tersebut, pengguna akan menemukan daftar jenis huruf alternatif yang diinstal pada perangkat. Pilih jenis huruf yang pengguna inginkan dan tetapkan sebagai default. Jenis huruf tersebut akan digunakan di seluruh sistem operasi perangkat.

2. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Di sisi lain, tidak semua produsen smartphone mengizinkan pengguna untuk mengubah jenis huruf. Namun, pengguna tetap dapat menggunakan jenis huruf alternatif dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Pengguna hanya perlu mengunduh peluncur (launchers) yang mendukung jenis huruf khusus. Launcher Android pada dasarnya adalah antarmuka baru untuk smartphone. Launcher akan mengubah tampilan layar beranda dan bahkan memengaruhi elemen lain dari perangkat seperti aplikasi hingga jenis huruf.

Adapun Launcher yang disarankan adalah Apex Launcher yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Untuk mengubah jenis huruf dalam Apex Launcher, pengguna harus menginstal aplikasi dan menetapkannya sebagai launcher default perangkat.

Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

Untuk mengubah jenis huruf layar beranda, pilih Layar Beranda > Tata Letak & Gaya > Label Font. Selanjutnya, pengguna dapat mengubah jenis huruf yang digunakan di aplikasi dengan mengakses menu App Drawer > Drawer Layout & Icons > Label Font. Jika pengguna ingin mengubah jenis huruf folder, pilih Folder > Font Label.

Launcher lainnya adalah Action Launcher yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Untuk mengubah jenis huruf di Action Launcher, buka Pengaturan > pilih Appearance > Font.

Alternatif aplikasi launcher lainnya adalah Smart Launcher 5 dan menawarkan lebih banyak jenis huruf untuk dipilih. Untuk mengubah jenis huruf dalam Smart Launcher 5, buka Pengaturan > Penampilan Global > Font.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS