Dikaitkan Virus Corona, Warganet Digegerkan Pesan Buang Ponsel Xiaomi

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Dikaitkan Virus Corona, Warganet Digegerkan Pesan Buang Ponsel Xiaomi
Ilustrasi Xiaomi. [Shutterstock]

Belakangan tersebar pesan broadcast di WhatsApp yang menyebutkan virus Corona dapat tersebar melalui perangkat Xiaomi.

Suara.com - Virus Corona atau penyakit dengan nama resmi novel coronavirus (2019-nCoV) ini tengah menjadi ancaman di berbagai negara. Wabah yang berasal dari China ini telah menyebar ke negara-negara lainnya di luar benua Asia.

Penyebaran virus itu menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Beberapa pesan mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh pun telah beredar luas. Namun, belakangan tersebar pesan broadcast di WhatsApp yang menyebutkan virus Corona dapat tersebar melalui perangkat Xiaomi.

Dibagikan melalui akun Twitter @nuggeternak pada 27 Januari, pemilik akun mengunggah foto yang memperlihatkan isi pesan WhatsApp dengan nama kontak "Abah".

Pengirim pesan diketahui meneruskan kembali pesan yang didapatnya dari orang lain. Pesan broadcast itu berupa gambar dan pesan teks.

Dalam gambar tertulis kalimat yang berbunyi, "Yang pake HP Xiaomi cepat buang HP kalian, karena virus Corona berasal dari China dan menyebar melalui server, dikeluarkan dari speaker Xiaomi!"

Sedangkan pesan teks yang diteruskan kembali itu berbunyi, "Virus Corona sudah menyebar melalui HP Xiaomi. Buat pengguna Xiaomi, lebih baik membuang HP anda, nyawa lebih penting. Sebarkan ke pengguna WA lainnya agar bisa terhindar dari virus ini."

Broadcast pesan WhatsApp. [Twitter]
Broadcast pesan WhatsApp. [Twitter]

Pesan broadcast tersebut pun menjadi sorotan warganet. Pasalnya, pesan itu mengandung hoax dan bisa menyesatkan siapapun yang tidak paham dengan benar mengenai virus Corona.

Padahal, menurut kantor berita resmi China, Xinhua, melaporkan bahwa Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan virus ini menular dari hewan ke manusia dan antar-manusia lewat kontak dekat dengan pasien atau orang yang terjangkit virus.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 274 kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet.

Broadcast pesan WhatsApp. [Twitter]
Broadcast pesan WhatsApp. [Twitter]

"Hoax grup WhatsApp keluarga emang kejam," tulis akun @clioqciliq.

"Sales toko HP: Ayo beli hape Xiaomi sekarang juga dan dapatkan bonusnya antivirus Smadav. Bisa request antivirus AVG juga lhoo," komentar @vickyfe_.

"Para ahli IT menangis melihat ini," tambah @robbycm_.

"Untung gue pake Advan," ungkap @fikrifarhan_0.

"Mau aja dibodohin," cuit @habibie__.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS