Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Dapatkan Data Instagram yang Dihapus

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Dapatkan Data Instagram yang Dihapus
Logo Instagram. [Shutterstock]

Tak banyak pengguna yang tahu bahwa data, termasuk foto, yang telah dihapus di Instagram bisa didapatkan kembali.

Suara.com - Instagram merupakan salah satu platform media sosial populer dan paling banyak digunakan di dunia. Setiap harinya, para pengguna di dunia pasti mengunggah setidaknya satu foto di akun mereka. Namun, beberapa lainnya menghapus foto-foto mereka dengan berbagai alasan.

Tetapi tak banyak pengguna yang tahu bahwa data, termasuk foto, yang telah dihapus di Instagram bisa didapatkan kembali. Tak hanya foto, data tersebut juga berisi pesan-pesan yang ada di dalam akun pengguna. Belakangan, hal itu dibagikan oleh akun Twitter @skinnypandaa pada 27 Maret.

"Di usia ke berapa kalian tau kalau foto-foto yang udah kalian hapus di Instagram, bisa kalian ambil lagi beserta chat-chatnya," tulis pemilik akun @skinnypandaa dalam kolom keterangan sambil mengunggah gambar tangkapan layar.

Dalam tangkapan layar itu terlihat pemberitahuan dari Instagram yang menjelaskan bahwa pengguna dapat mengunduh data-data yang ada di sebuah akun.

"Data Instagram Anda. Berikut ini file yang diminta dengan foto, komentar, informasi profil, dan data lainnya yang Anda bagikan di Instagram. Tautan ini hanya akan bekerja selama empat hari ke depan. Karena mungkin berisi informasi pribadi, pastikan kerahasiaan tautan dan hanya unduh arsip ke komputer Anda sendiri," tulis Instagram.

Postingan warganet tips Instagram. [Twitter]
Postingan warganet tips Instagram. [Twitter]

Di bawah tulisan tersebut terdapat tiga tautan dengan masing-masing keterangan "Unduh Data - Bagian 1", "Unduh Data - Bagian 2", dan "Unduh Data - Bagian 3".

Untuk mendapatkan data tersebut, pengguna cukup buka aplikasi Instagram > Pengaturan > Keamanan > Unduh data. Kemudian akan muncul email yang digunakan pengguna, masukkan kata sandi, lalu pihak Instagram akan mengirim email ke alamat email pengguna.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 4 ribu kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang mengaku belum mengetahui cara ini.

Postingan warganet tips Instagram. [Twitter]
Postingan warganet tips Instagram. [Twitter]

"Wow I really need this. Thank you so much," tulis akun @notevenamera.

"Kenapa aku harus tau cara ini sih. Jadi pengen liat yang punya pacar," komentar @pcrepn.

"Lah baru tau gue," tambah @tibo_ol.

"Mau ah nyoba, menggali kembali kenangan bersama mantan," ungkap @febyalhadi.

"Sumpah aku baru tau sekarang berkat kamu. Makasiih," cuit @cuijjk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS